Catat, 5 manfaat daun salam ini tak boleh Anda lewatkan

Sabtu, 13 Maret 2021 | 10:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, 5 manfaat daun salam ini tak boleh Anda lewatkan


KESEHATAN - Aroma yang khas membuat daun salam sering digunakan untuk melengkapi cita rasa masakan. Namun, manfaat daun salam hanya itu. Mengonsumsi bahan alami tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cobalah untuk mengolah daun salam dengan berbagai macam makanan bergizi yang lain. Namun, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat supaya manfaatnya tidak hilang.

Mengutip dari Twigs Naturals, manfaat daun salam untuk kesehatan adalah mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Tak hanya itu, daun salam pun berguna untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah tanda penuaan, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Mengurangi stres

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam daun salam adalah linalool. Jenis nutrisi itu mampu menurunkan jumlah hormon stres dalam tubuh sehingga kecemasan yang Anda alami pun dapat berkurang.

Jika hormon stres terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kesehatan fisik dan mental Anda terganggu.

Baca Juga: Sedang diare? Air rebusan daun salam efektif mengobati diare

Menjaga kesehatan jantung

Senyawa alami yang terdapat dalam daun salam, yaitu rutin dan asam caffeic, mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

Asam caffeic berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dan rutin berfungsi untuk memperkuat dinding kapiler. Hal itulah yang membuat kesehatan jantung Anda terjaga.

Merawat rambut

Manfaat daun salam selanjutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah bahan alami itu cocok dijadikan perawatan rambut. Kandungan dalam daun salam mampu melembabkan kulit kepala yang kering, mengobati ketombe, dan menguatkan folikel rambut.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Rebus beberapa lembar daun salam ke dalam air sesuai dengan panjang dan tebal rambut Anda.

Setelah mendidih dan didimakna beberapa saat, gunakan air rebusan itu pada kulit kepala. Lakukan cara tersebut secara rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: Daun kemangi bermanfaat sebagai obat herbal untuk batuk dan flu

Mencegah kanker

Twigs Naturals menyebutkan, kegunaan daun salam berikutnya adalah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Katekin, linalool, antioksidan, dan nutrisi lain dalam daun salam efektif untuk mencegah serangan radikal bebas. Hal itulah yang membuat perkembangan sel kanker dapat dicegah.

Mengobati diabetes

Bagi penderita diabetes, disarankan untuk mengonsumsi daun salam secara rutin. Kandungan dalam bahan alami itu mampu mengontrol sensitivitas insulin dan jumlah gula darah dalam tubuh.

Meski manfaat daun salam itu bisa Anda dapat, cobalah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya tidak ada efek samping yang Anda alami.

Selanjutnya: 11 Obat herbal yang efektif meredakan asam urat, bahannya mudah didapat loh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru