Ini 6 makanan yang mengandung kalsium, bukan cuma susu

Sabtu, 06 Maret 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 6 makanan yang mengandung kalsium, bukan cuma susu


KESEHATAN - JAKARTA. Selain susu, masih banyak pilihan makanan yang mengandung kalsium. Ada banyak manfaat kalsium untuk tubuh Anda. Mulai dari memperkuat tulang hingga mengoptimalkan kinerja otot, sistem saraf, serta hormon.

Mengutip dari Prevention (prevention.com), sebaiknya orang dewasa mengonsumsi minimal 1.000 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk Anda yang berusia lebih dari 51 tahun sebaiknya mengonsumsi kalsiuam lebih dari 1.200 mg per hari.

Jika angka tersebut tidak terpenuhi, tentu saja ada risiko kesehatan yang bisa Anda alami. Salah satunya adalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium.

Tahu

Jika Anda mencari makanan yang mengandung kalsium, maka tahu adalah jawabannya. Anda bisa mendapat 250-800 mg kalsium dengan mengonsumsi ½ gelas tahu, tergantung dari jenis tahu yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Ingin menambah berat badan? Coba dengan 6 cara ini

Yogurt

Makanan yang mengandung kalsium selanjutnya adalah yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk olahan susu itu yang tidak mengandung pemanis buatan dan rendah lemak, ya. Lebih banyak dari makanan sebelumnya, Anda bisa mendapat 448 mg kalsium dari mengonsumsi satu gelas yogurt.

Tidak berhenti sampai di situ, Prevention mengatakan bahwa Anda bisa mendapat nutrisi yang lain, seperti protein dan lemak sehat. Nutrisi-nutrisi itu mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah asupan kalori yang tidak perlu.

Editor: Belladina Biananda

Terbaru