4 Cara menanam bawang putih yang mudah untuk Anda coba

Kamis, 31 Desember 2020 | 06:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menanam bawang putih yang mudah untuk Anda coba

ILUSTRASI. Cara menanam bawang putih perlu memerhatikan beberapa hal.


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang cukup mudah ditanam. Cara menanam bawang putih yang perlu benar-benar Anda perhatikan adalah kondisi tanah beserta kelembabannya dan waktu memanen yang tepat.

Fine Gardening (finegardening.com) menyebutkan bahwa waktu terbaik menanam bawang putih adalah selama empat hingga enam minggu. Pada masa awal menanam, ada baiknya untuk memerhatikan kondisi akar supaya bawang putih bisa tumbuh dengan baik.

Cara menanam bawang putih bisa Anda mulai dengan mempersiapkan tanah terlebih dahulu. Sebaiknya, siapkan tanah yang subur supaya pertumbuhan bawang putih bisa berjalan efektif. Anda bisa menggunakan pupuk kompos, jamur, atau kotoran hewan.

Setelah menyiapkan tanah, Anda bisa melanjutkannya dengan beberapa cara. Mulai dari memilih tipe bawang putih, cara menanam, menyiram, memberi pupuk, dan waktu memanen. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, bwang putih akan tumbuh dengan lebat.

Baca Juga: 5 Tanaman pengusir nyamuk terbaik untuk rumah Anda

Tipe Bawang Putih

Cara menanam bawang putih bisa Anda mulai dengan memilih tipe yang akan ditanam.

Melansir Fine Gardening, ada dua tipe bawang putih yang bisa Anda pilih, yaitu batang keras dan batang lunak. Beberapa bawang putih tumbuh di sekitar batang keras. Sedangkan batang lunak memiliki siung yang lebih banyak.

Siung bawang putih yang berukuran besar berada di luar, lalu siung yang berukuran lebih kecil berada di dalamnya. Setelah dipanen, bawang putih tipe batang lunak bisa bertahan lama daripada tipe bawang putih berbatang keras.

Tanam Bawang Putih

Setelah memilih tipe bawang putih mana yang ingin ditanam, Anda perlu mengatur jarak tiap bawang putih supaya pertumbuhan masing-masing bawang putih tak  terganggu. Sebaiknya, pisahkan jarak sejauh 4 inci. Tanam bawang putih secara terbalik sedalam 2 inci kemudian ratakan tanah di sekitarnya.

Siram dan Beri Pupuk

Cara menanam bawang putih selanjutnya adalah menyiramnya dan memberi pupuk secara rutin. Porsi pupuk yang perlu diberikan pada bawang putih bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Baca Juga: 5 Manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal

Bawang putih juga tak terlalu membutuhkan banyak air, tapi jangan sampai tanaman itu kering. Salah satu tanda bawang putih perlu disiram adalah saat tanah di sekitarnya sedalam 1 inci terlihat kering.

Memanen Bawang Putih

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, masa menanam bawang putih selama empat hingga enam minggu. Namun, ada tanda lain yang bisa Anda pakai, yaitu saat lima hingga enam daun bawang tumbuh dan belum berwarna cokelat.

Selanjutnya: Ini tips menyiram tanaman anggrek untuk Anda yang pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru