4 Penyebab serangan jantung, mulai dari lingkar pinggang hingga stres

Rabu, 03 Maret 2021 | 00:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab serangan jantung, mulai dari lingkar pinggang hingga stres


KESEHATAN - JAKARTA. Penyebab serangan jantung adalah penumpukan lemak atau kolesterol yang menyumbat aliran darah menuju jantung. Karena bisa berakibat fatal, kondisi tersebut perlu segera mendapat perawatan medis.

Setiap orang mengalami gejala serangan jantung yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa gejala yang umum terjadi. Mulai dari nyeri dada, sakit perut, muncul sensasi terbakar atau heartburn, sesak napas, hingga pusing.

Gejala-gejala tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba, tapi tak sedikit pula yang muncul beberapa hari atau minggu sebelum serangan jantung terjadi. Selain memerhatikan gejalanya, Anda pun perlu mengetahui faktor pemicu yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Ukuran Pinggang

Mengutip dari Web MD (webmd.com), ukuran pinggang bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko serangan jantung. Alasannya, ukuran pinggang berhubungan dengan jumlah lemak perut yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

Menurut sebuah penelitian, pria dengan lingkar pinggang 80 cm dan wanita dengan lingkar pinggang 85 cm lebih berisiko mengalami serangan jantung. Maka dari itu, cobalah untuk rutin melakukan olahraga atau melakukan program diet yang bisa mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

Baca Juga: Penjelasan soal saturasi oksigen, cara cek dan berapa kadar normalnya

Rokok

Kebiasaan merokok bisa jadi salah satu penyebab serangan jantung.

Rokok jadi salah satu penyebab serangan jantung yang sudah diketahui banyak orang. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga 36%. Bahkan, menghisap 20 rokok tiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut hingga empat kali lipat.

Pola Hidup

Pola hidup yang tidak sehat bisa jadi faktor lain yang memicu kemunculan serangan jantung. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk membatasi konsumsi alkohol. Selain itu, cobalah untuk rutin melakukan olahraga dan konsumsi makanan bergizi, seperti buah dan sayur.

Baca Juga: 5 Gejala kolesterol tinggi yang harus Anda waspadai

Stres

Tahukah Anda bahwa stres bisa jadi penyebab serangan jantung? Melansir Web MD, stres yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko serangan jantung hingga dua kali lipat.

Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa melakukan hobi di sela-sela kesibukan Anda, membuat jurnal, dan melakukan meditasi atau yoga. Jika diperlukan, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog agar mendapat cara penanganan stres yang tepat.

Selanjutnya: Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru