5 Fakta unik Komodo, si naga purba yang hanya ada di Indonesia

Jumat, 18 September 2020 | 15:12 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Fakta unik Komodo, si naga purba yang hanya ada di Indonesia


EDUKASI -  Anda pasti sudah tahu tentang Komodo. Hewan asli Indonesia ini sangat terkenal hingga ke seluruh dunia. Banyak masyarakat di luar Indonesia menyebut Komodo sebagai Komodo Dragons atau Naga Komodo.

Hewan bernama latin Varanus komodoensis ini merupakan hewan yang hanya ditemukan di Indonesia. Hewan ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mengutip dari National Geographic, komodo merupakan kadal terbesar dan terberat di Bumi. Komodo bisa tumbuh mencapai panjang 3 meter dengan berat hingga 136 kg. 

Habitat asli Komodo ada di Pulau Komodo, Rinca, dan beberapa pulau kecil di NTT. Komodo adalah hewan karnivora sehingga makanan pokoknya adalah daging.

Ada beragam fakta dari Komodo yang menarik untuk diulas. Berikut fakta unik dari si naga asli Indonesia, Komodo. Fakta ini dihimpun KONTAN.co.id dari LiveScience dan National Geographic

  • Komodo bisa berenang

Meskipun sering ditemukan berjalan di daratan, Komodo sebenarnya bisa berenang. Komodo biasa berenang di pantai di sekitar habitatnya. 

  • Komodo betina bisa bertelur tanpa kawin

Pada masa kawin, Komodo jantan akan membuahi Komodo betina. Tapi jika tidak ada Komodo jantan, Komodo betina mampu bertelur tanpa proses pembuahan. 

Fenomena ini disebut partenogenesis. Partenogenesis merupakan reproduksi aseksual yang memungkinkan sel telur tumbuh tanpa pembuahan.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru