Bisa meningkatkan risiko tertular virus corona, jangan lakukan 4 hal ini

Selasa, 02 Februari 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa meningkatkan risiko tertular virus corona, jangan lakukan 4 hal ini


KESEHATAN - Selain melakukan protokol kesehatan secara disiplin, seperti jaga jarak, memakai masker, dan rajin cuci tangan, ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mencegah virus corona. Salah satunya, menghindari pemakaian air purifier.

Air purifier adalah alat pembersih udara yang dipakai dalam ruangan. Mengutip Best Life, air purifier ternyata bisa memperparah penularan infeksi virus corona. Hal itu dipublikasikan dalam Jurnal Physics of Fluid.

Menurut penelitian, air purifier memang bisa memindahkan partikel virus, tapi alat tersebut tidak cukup mengurangi transmisinya. Dengan memasang air purifier, justru ada semakin banyak droplet yang tersebar dan dapat menginfeksi banyak orang.

Selain penggunaan air purifier, masih ada hal lain yang berbahaya dilakukan di tengah pandemi virus corona. Mulai dari berkendara dengan jendela mobil yang tertutup hingga memakai masker yang memiliki ventilasi.

Menutup jendela mobil

Jika Anda naik mobil bersama dengan orang lain yang tidak serumah, pastikan untuk membuka jendela mobil agar udara dapat tersirkualasi dengan baik. Selain itu, pastikan setiap orang untuk selalu memakai masker dengan cara yang benar.

Baca Juga: Covid tongue, gejala baru Covid-19 mirip sariawan, kenali perbedaannya

Pakai masker yang benar

Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang perlu Anda lakukan secara disiplin. Namun, pastikan untuk memakai masker yang benar.

Hindari memakai masker dengan katup atau ventilasi karena jenis masker itu tidak dapat melindungi Anda dari Covid-19.

Hindari Kerumunan Orang

Meski sudah pakai masker, usahakan untuk menghindari kerumunan orang sebagai pencegahan Covid-19.

Melansir Best Life, memakai masker bukan berarti Anda bebas bertemu dengan banyak orang. Tetap batasi kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Selalu jaga jarak dengan orang lain, minimal 1,5 meter, untuk menghindari infeksi virus corona.

Baca Juga: Inilah dosis dan jumlah penyuntikkan vaksin Covid-19 agar efektif

Hindari jenis obat tertentu

Seiring berjalannya waktu, vaksin Covid-19 pun mengalami perkembangan. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mendapat suntikan vaksin.

Hindari minum jenis obat tertentu, seperti ibuprofen, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan dan menghindari hal-hal tersebut, pencegahan Covid-19 juga bisa Anda lakukan dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga agar daya tahan tubuh Anda terjaga.

Selanjutnya: Hadiri resepsi pernikahan di saat pandemi, pahami risiko penularan Covid-19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru