Faktor penyebab penyakit susah tidur yang perlu diwaspadai

Sabtu, 02 Januari 2021 | 10:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Faktor penyebab penyakit susah tidur yang perlu diwaspadai


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak orang yang mengalami penyakit susah tidur atau insomnia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan untuk terlelap, meski tubuh sudah terasa lelah dan mengantuk.

Akibatnya, waktu tidur Anda menjadi terganggu dan Anda mungkin akan kesulitan melakukan kegiatan di siang hari. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah stres yang sedang Anda alami.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda stres, apalagi di masa pandemi Virus Corona seperti saat ini. Beberapa di antaranya adalah kehilangan pekerjaan atau orang-orang terdekat, beban pekerjaan yang terasa berat, dan lain sebagainya.

Jika stres tak Anda kelola dengan baik, insomnia Anda menjadi lebih parah bahkan bisa mengganggu konsisi kesehatan bagian tubuh yang lain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya waspadai faktor penyebab insomnia lainnya.

Baca Juga: 4 Cara tidur nyenyak terbaik yang bisa Anda coba

Penyakit Kejiwaan

Kondisi mental yang terganggu bisa menyebabkan penyakit susah tidur, lo. Melansir Web MD (Webmd.com), penderita depresi, bipolar, gangguan kecemasan, dan penyakit kejiwaan lainnya berpotensi mengalami insomnia yang lebih besar.

Masalah Pernapasan

Asma atau masalah pernapasan lainnya dapat menyebabkan penyakit susah tidur.

Selain stres dan penyakit kejiwaan yang Anda derita, masalah pernapasan juga bisa menyebabkan masalah pada waktu tidur Anda. Anda bisa terbangun berulang kali di malam hari karena mendengkur terlalu keras atau sleep apnea.

Ada banyak faktor yang memicu kondisi tersebut. Mulai dari berat badan berlebih atau obesitas, alergi, asma, dan masalah pernapasan lainnya. Dokter perlu melakukan beberapa tes untuk menentukan perawatan seperti apa yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Sulit tidur nyenyak? Cara ini bisa Anda coba

Penyakit Kulit

Faktor penyebab penyakit susah tidur selanjutnya adalah masalah pada kulit Anda. Eksim atau psoriasis menimbulkan sensasi terbakar dan rasa yang sangat gatal di kulit Anda. Karena hal itu, Anda menjadi kesulitan untuk tidur. Untuk mengurangi rasa gatal, Anda bisa memakai bahan alami atau menggunakan obat yang diresepkan dokter.

Menopause

Web MD mengatakan bahwa menopause dapat membuat seseorang sulit untuk beristirahat di malam hari. Hal itu disebabkan karena tubuh wanita berhenti memproduksi estrogen dan progesteron sehingga keseimbangan hormon terganggu. Anda pun menjadi lebih sensitif dan sulit tidur.

Selanjutnya: Sering sesak nafas saat asam lambung naik? Begini cara mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru