Gonna, wanna, gotta, ini lo pengertian dan cara tepat menggunakannya

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Gonna, wanna, gotta, ini lo pengertian dan cara tepat menggunakannya


EDUKASI -  Saat menulis dengan bahasa Inggris, pasti Anda pernah menemui kata gonna, wanna, atau gotta. Kata-kata tersebut biasa disebut dengan contraction.

Singkatan atau contraction merupakan hal yang umum dipakai saat menulis atau bahkan berbicara bahasa Inggris.

Melansir dari Cambridge Dictionary, contraction dalam bahasa Inggris bisanya berupa gabungan sebuah pronoun dengan verb. Sebuah verb dengan not juga bisa digabung dan disingkat. 

Singkatan dipakai untuk penulisan atau percakapan yang informal. Dalam situasi formal, sebaiknya menghindari penggunaan contraction. 

Bentuk singkatan yang paling umum adalah pronoun dengan to be atau to be not. Contohnya seperti he is disingkat menjadi he's, they are menjadi they're, dan I am menjadi I'm. 

Modals seperti will, have, had, dan would juga sering disingkat. Singkatan untuk modals contohnya; he will menjadi he'll, we had menjad we'd, I have menjadi i

Singkatan gaul bahasa Inggris

Selain bentuk-bentuk yang umum, ada contraction lain yang bisa digunakan. Bentuk tersebut biasa digunakan oleh remaja dalam percakapan atau penulisan. 

Simak beberapa singkatan gaul dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk percakapan informal ini. Daftar di bawah ini dihimpun dari English Club dan Pronuncian

  • Wanna

Wanna merupakan bentuk pendek dari want a atau want to. Karenanya, wanna bisa memiliki dua arti berbeda tergantung dengan kalimatnya. Wanna bisa berarti ingin pergi dan menginginkan sesuatu.

I wanna go to the beach (Aku ingin pergi ke pantai).
I wanna french fries (Aku ingin french fries).

Baca Juga: 11 Universitas swasta terbaik di Indonesia 2021, tidak kalah dengan PTN

  • Gotta

Sama seperti wanna, gotta artinya tergantung dari kalimatnya. Singkatan ini memiliki dua arti yang berbeda. Gotta bisa memiliki arti harus melakukan sesuatu atau memiliki sesuatu.

Gotta merupakan singkatan dari got a atau got  to. Sebelum kata gotta, biasanya terdapat kata have.

I gotta work (Aku harus bekerja).
I've gotta a car (Aku punya mobil).

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru