Ini 5 penyebab mimisan yang bisa Anda alami, apa saja?

Minggu, 02 Mei 2021 | 13:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 penyebab mimisan yang bisa Anda alami, apa saja?


KESEHATAN - JAKARTA. Mimisan terjadi karena pembuluh darah dalam hidung pecah. Ada banyak faktor penyebab mimisan yang bisa Anda alami. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa melakukan pencegahan sehingga mimisan tidak sering terjadi.

Untuk sebagian kasus, mimisan memang mudah untuk ditangani. Namun, Anda juga membutuhkan perawatan medis jika mimisan terjadi di bagian hidung yang lebih dalam. Apalagi jika kondisi itu dibarengi dengan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Jika Anda sering mengalami mimisan, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penyebab-penyebab berikut bisa teratasi secara maksimal. Kesehatan tubuh secara keseluruhan pun bisa tetap terjaga.

Stres

Dr. Neetu Modgil (drneetumodgil.com) mengatakan bahwa stres dapat memicu mimisan, meski tidak secara langsung. Saat stres, Anda lebih berisiko mengalami sakit kepala. Hal itulah yang membuat mimisan terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Waspada, inilah gejala leukemia berdasarkan tipenya

Cuaca Kering

Cuaca yang kering jadi penyebab mimisan yang bisa Anda alami. Cuaca kering seperti saat musim panas membuat bagian dalam hidung kering sehingga mudah terluka. Akibatnya, pembuluh darah ikut pecah sehingga menyebabkan mimisan.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa jadi salah satu penyebab mimisan.

Tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan seseorang mimisan? Melansir Dr. Neetu Modgil, risiko tersebut semakin tinggi saat Anda mengonsumsi jenis obat antikoagulan. Jika Anda sering mengalami kondisi tersebut, segera konsultasikan diri ke dokter.

Infeksi

Infeksi saluran pernapasan termasuk salah satu penyebab mimisan yang bisa Anda alami. Tidak terkecuali alergi dan sinusitis kronik. Beberapa masalah kesehatan tersebut dapat mengiritasi dinding saluran pernapasan atas sehingga menyebabkan inflamasi. Inflamasi itulah yang memicu terjadinya mimisan.

Baca Juga: Polip hidung, apa gejala, penyebab, dan cara mencegahnya?

Kecelakaan

Faktor lain yang dapat menimbulkan mimisan adalah kecelakaan. Misalnya, tulang hidung patah, area hidung terbentur, mengupil, dan penggunaan alat semprot hidung yang terlalu sering dan kasar. Meniup atau menggosok hidung terlalu keras juga bisa jadi salah satu pemicu mimisan.

Saat hal itu terus Anda alami, dinding hidung bagian dalam akan mengalami abrasi dan iritasi. Hal itulah yang membuat pembuluh darah di hidung terganggu. Jika darah terus keluar karena hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Catat! Ini manfaat dan efek samping daun sirih untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru