Inilah 12 manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Sabtu, 27 Maret 2021 | 07:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah 12 manfaat buah alpukat untuk kesehatan


KESEHATAN -  Manfaat buah alpukat sudah tak diragukan lagi karena memiliki kandungan asam lemak jenuh tunggal atawa monounsaturated fat acids. Selain bergizi, alpukat juga merupakan yang memiliki rasa lezat.

Buah dengan nama lain avocado ini kerap dijadikan salah satu menu diet bagi mereka yang tengah berupaya menurunkan berat badan. Apa saja manfaat buah alpukat?

​12 Manfaat buah alpukat untuk kesehatan

Berikut 12 manfaat buah alpukat untuk kesehatan dikutip dari Healthline:

1. Nutrisi lengkap

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga terbilang lengkap.

Manfaat dari buah alpukat antara lain mengandung folat, vitamin K, vitamin C, kalium, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E, magnesium, mangan, fosfor, vitamin B1, dan kaya serat.

Baca Juga: 5 Makanan yang mengandung vitamin E ini perlu Anda coba

2. Kandungan potasium lebih tinggi dari pisang

Pisang selama ini jadi buah yang dikenal dengan kandungan tinggi potasium. Namun rupanya, daging buah alpukat justru memiliki kandungan potasium lebih tinggi.

Potasium merupakan senyawa yang berguna untuk menurunkan tekanan darah yang jadi sebab dari penyakit serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

3. Menyehatkan jantung

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah untuk kesehatan jantung. Alpukat adalah makanan berlemak tinggi, dengan 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada.

Tapi alpukat tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal yang juga jadi komponen utama minyak zaitun, minyak untuk berbagai jenis pengobatan penyakit.

4. Kaya serat

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya pada daging alpukat. Daging alpukat yang kaya serat tidak mudah dicerna dalam tubuh.

Mengonsumsi alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah, dan mengurangi risiko penyakit lain yang terkait dengan kandungan gula darah.

Baca Juga: Coba 5 cara menurunkan kolesterol secara alami ini, yuk

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru