Jangan sepelekan! Ini 5 gejala baru virus corona yang perlu dicermati

Minggu, 14 Maret 2021 | 04:15 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan sepelekan! Ini 5 gejala baru virus corona yang perlu dicermati


COVID-19 - JAKARTA. Para ahli terus menerus mengamati perkembangan virus Corona yang kini sedang menjadi pandemi. Sebab, virus ini akan selalu bermutasi dan menyebabkan berbagai gejala yang selalu berubah-ubah. 

Virus Corona juga menyerang manusia dengan berbagai cara, dan gangguan pernapasan bukan satu-satunya gejala yang ditimbulkan. 

Selain memicu gejala gangguan pernapasan yang telah ditetapkan sebelumnya, beberapa gejala asing juga terus bermunculan. 

Berikut gejala baru infeksi virus Corona yang perlu diwaspadai: 

1. Mouth ulcer atau sariawan 

Paparan virus Corona atau Covid-19 bisa menyebabkan gejala seperti sariawan, ruman, dan benjolan di lidah. Gejala yang terjadi pada lidah juga bisa muncul karena sindrom kawasaki, yakni komplikasiinflamasi akibat Covid-19 yang memengaruhi aliran darah dan fungsi vital. 

Baca Juga: Pakar: Covid-19 tidak akan pernah berakhir

Sariawan akibat Covid-19 ini bisa menyebabkan rasa sakit, perubahan warna, bengkak, sensasi terbakar, atau perubahan tekstur. 

2. Covid fingers 

Covid fingers ditandai dengan munculnya pembengkakan pada kulit, jari tangan dan kaki. Penelitian juga menunjukkan bahwa ruam dan benjolan juga merupakan tanda utama infeksi Covid-19 pada anak kecil, yang menunjukkan gejala berbeda dari orang dewasa. 

Kondisi ini juga bisa menyebabkan pembengkakan, lesi dan perubahan warna pada jari tangan dan kaki. 

Baca Juga: Riset terbaru: Virus corona varian Inggris lebih mematikan hingga 100%!

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru