Karena organ bermasalah, ini 4 penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Rabu, 03 Februari 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Karena organ bermasalah, ini 4 penyebab sakit pinggang sebelah kiri


KESEHATAN - Setiap orang mengalami sakit pinggang sebelah kiri yang berbeda-beda. Ada yang merasakan nyeri ringan, tapi dalam jangka waktu panjang. Ada pula yang merasakan sakit parah, tapi terjadi dalam waktu singkat.

Mengutip dari Spine Health, ada dua penyebab utama mengapa pinggang kiri seseorang terasa sakit. Yakni, sakit yang disebabkan kerusakan jaringan dan sakit akibat gangguan pada organ dalam tubuh.

Beberapa organ yang dapat menimbulkan nyeri pinggang, misalnya, ginjal, usus besar, dan gangguan ginekologi. Tentu saja, mengetahui penyebab pasti sakit pinggang berguna untuk menentukan bentuk perawatan seperti apa yang dibutuhkan.

Batu ginjal

Sakit pinggang sebelah kiri bisa disebabkan karena masalah batu ginjal. Selain menimbulkan rasa nyeri, ada gejala batu ginjal lain yang perlu Anda perhatikan.

Mulai dari sulit buang air kecil dan muncul sensasi terbakar saat melakukannya, mual, muntah, hingga urin yang bercampur dengan darah.

Baca Juga: Dismenore, sakit perut saat haid karena kontraksi rahim

Infeksi ginjal

Selain batu ginjal, infeksi ginjal pun dapat menimbulkan nyeri pinggang. Biasanya, infeksi dimulai dari saluran kencing dan kandung kemih, kemudian menyebar hingga ke ginjal. Hasilnya, infeksi tersebut membuat ginjal meradang atau mengalami inflamasi.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, infeksi ginjal juga ditandai dengan mual, muntah, dan rasa sakit saat buang air kecil. Rasa sakit akan semakin terasa saat Anda bergerak atau bagian pinggang dan perut Anda mendapat tekanan berlebih.

Kolitis ulseratif

Kolitis ulseratif atau radang usus besar adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya yang perlu Anda waspadai. Usus besar yang meradang dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh Anda sehingga menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

Mulai dari diare, nyeri di bagian rektum, berat badan menurun, dan kram perut. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Begini tanda-tanda haid yang bisa Anda alami, termasuk perut terasa nyeri

Hamil

Hamil bisa jadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Menurut Spine Health, sakit pinggang sebelah kiri yang dialami wanita juga bisa disebabkan oleh kehamilan. Hal itu terjadi sebagai bentuk adaptasi tubuh ibu terhadap perkembangan janin dalam kandungan.

Setiap ibu hamil merasakan nyeri yang berbeda-beda. Namun, Anda tak perlu khawatir karena rasa sakit tersebut bisa dikurangi dengan beberapa cara. Mulai dari olahraga, peregangan, hingga beristirahat.

Selanjutnya: Sakit pinggang sebelah kanan bisa disebabkan 4 faktor in

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru