Kenapa warna air dalam gelas itu bening? Ini jawabannya

Jumat, 03 Juli 2020 | 13:40 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Kenapa warna air dalam gelas itu bening? Ini jawabannya

ILUSTRASI. ILUSTRSI- Alasan mengapa air berwarna bening.-Papan peringatan terpasang di kanal penyimpan air (long storage) Kalimati di kecamatan Tarik, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/6/2020). Long storage atau kanal penyimpan air yang dijadikan air baku PDAM Mojoke


SAINS - Pernahkah terlintas satu pertanyaan mengenai fenomena apakah betul air yang selama ini dilihat berwarna? Dan perlu diketahui bahwa sebenarnya pertanyaan tersebut sudah menjadi teka-teki bagi ilmuan sejak abad 20.

Justin Peter seorang ilmuan iklim asal Universitas Meteorologi Australia menuliskan jawabannya secara ringkas melalui tajuk Biru itu Warna Asli Air atau Hanya Pantulan dari Langit? Menurutnya laut berwarna biru akibat sifat air yang menyerap cahaya matahari.

Tak sampai di situ fenomena partikel air yang menghamburkan cahaya pun turut ambil peran. Tapi, ungkap Peter, ada fakta menarik mengenai karakter cahaya, yakni cahaya putih yang umum dilihat oleh banyak orang memiliki partikel yang disebut foton. Partikel foton terukur sangat kecil ketimbang atom.

Matahari adalah contoh paling dekat di mana partikel foton ini diproduksi. Peter merincikan bahwa partikel foton yang mengalir dan saling berinteraksi dapat membentuk warna dari benda tersebut. Misalnya daun yang berwarna hijau, itu dikarenakan foton hijau ada di daun tersebut memantul dan masuk mata.

Baca Juga: Tips untuk ibu menyusui, inilah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi Tips untuk ibu menyusui, inilah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi

Fenomena lain yang dijelaskan Peter ialah warna air dalam gelas. Dalam hal ini pun akan muncul satu pertanyaan lagi mengapa air dalam gelas nampak bening? Peter selanjutnya mengambil perumpamaan air di laut dan air dalam gelas.

Masih dengan konsep penyerapan cahaya, alasan air laut lebih biru ketimbang air dalam gelas dikarenakan wadah gelas yang terlalu kecil. Sehingga cahaya yang diserap kurang optimal.

“Jika kalian bertanya-tanya mengapa air dalam gelas terlihat bening. Itu karena air dalam gelas terlalu sedikit untuk menyerap banyak gelombang cahaya” ujar Peter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru