Khasiat sawi putih, dari turunkan darah hingga cegah kanker dll

Jumat, 15 Januari 2021 | 17:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Khasiat sawi putih, dari turunkan darah hingga cegah kanker dll


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat sawi putih yang berguna untuk kesehatan Anda. Jenis sayuran ini memiliki banyak nutrisi penting dan mengandung sedikit kalori sehingga bisa dikonsumsi secara rutin. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan yang Anda sukai.

Menurut United States Departement of Agriculture atau USDA, 70 g sawi putih hanya mengandung 9 kalori. Selain itu, dalam jumlah yang sama, Anda bisa mendapat 1.53 karbohidrat, 74 mg kalsium, 31.5 vitamin C, 156 mcg vitamin A, dan masih banyak nutrisi penting lainnya.

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa nutrisi-nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh, apalagi bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa diberikan oleh sawi putih untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mencegah Kanker

Sawi putih mengandung banyak folat yang berguna untuk produksi dan memperbaiki DNA. Artinya, pertumbuhan sel kanker akibat mutasi DNA bisa dicegah jika Anda mengonsumsi sawi putih secara rutin. Tak berhenti sampai di situ, sawi putih mengandung vitamin C dan betakaroten.

Baca Juga: Inilah 4 manfaat daun sirih yang bisa Anda dapat, mampu sembuhkan sembelit

Jenis nutrisi itu berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit. Sawi putih juga memiliki kandungan selenium yang bermanfaat untuk membersihkan senyawa penyebab kanker, mencegah peradangan, dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat sawi putih adalah mengontrol tekanan darah Anda.

Manfaat sawi putih selanjutnya berguna bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Sawi putih mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi akibat konsumsi sodium. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 1.500 mg sodium per hari agar kesehatan Anda terjaga.

Baca Juga: 10 Makanan ini bisa menurunkan kolesterol tinggi

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengutip dari Medical News Today, vitamin C dalam sawi putih berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Tak hanya meningkatkan produksi kolagen, kandungan tersebut juga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit akibat polusi dan efek sinar matahari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain manfaat sawi putih yang sudah disebutkan, mengonsumsi jenis sayur tersebut secara rutin juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, lo. Selenium dalam sawi putih mampu meningkatkan respons sistem imun terhadap infeksi virus dan bkateri penyebab penyakit.

Selanjutnya: Catat, inilah 4 manfaat terong terbaik untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru