NASA rampung garap perisai panas untuk misi terbang ke bulan Arthemis II

Kamis, 09 Juli 2020 | 10:54 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
NASA rampung garap perisai panas untuk misi terbang ke bulan Arthemis II

ILUSTRASI. ILUSTRASI-NASA rampung menggarap perisai Heatshield untuk memulai misi Arthemis II.- NASA menyatakan akan kirim astronot dengan roket SpaceX tanggal 27 Mei.


SAINS - Peneliti NASA kini berhasil merampungkan sebuah perisai panas (heats hield) ruang angkasa Orion yang akan digunakan untuk perjalanan mengelilingi bulan melalui misi Arthemis II. Misi tersebut nantinya akan membawa awak astronot sebagai pengendali.

Pihak NASA hanya merilis informasi bahwa perisai panas telah rampung digarap dengan menyusun 180 blok berbahan ablatif. Perisai ini penting untuk melindungi kapsul dan para astronot sendiri dari gesekan panas yang mencapai 5.000 derajat Fahrenhait.

NASA melalui melalui situs resminya menyebut suhu tersebut bisa dikatakan hampir setengah panasnya matahari. Perisai itu pun diklaim tahan panas selama masa penjelajahan hingga kembali dan masuk ke atmosfer bumi.

Baca Juga: NASA rancang vantilator murah guna hadapi gelombang kedua pandemi virus corona NASA rancang vantilator murah guna hadapi gelombang kedua pandemi virus corona

Sebelum dipasang, bahan blok ablatif ini kerap disebut sebagai AVCOAT yang diproduksi oleh Michoud Assembly Facility yang berlokasi di New Orleans. Lalu bahan tersebut  dikirim ke Kenedy untuk diolah menjadi 180 blok kecil sebelum didasari oleh kerangka titanium dan dilapisi oleh serat karbon.

Untuk mengujinya beberapa insinyur NASA mencoba mengevaluasi non-desktrutif dengan mencari garis celah di perisai tersebut. Di sisi lain mereka pun meneliti kembali jarak celah yang telah ditemukan. Alhasil, semua celah yang ditemui ditambahi perekat berbahan ablatif, lalu diuji kembali.

Perisai panas atau heat shield ini secara bertahap diuji termal. Ketika semuanya beres, akhir tahun ini heat shield akan langsung dipasang.

Dengan melihat semua projek ini, NASA menargetkan mendaratkan wanita pertama dan pria selanjutnya di bulan tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu Eko Saputra

Terbaru