Sejarah Imlek di Indonesia: Dilarang Soeharto, dijadikan hari libur oleh Megawati

Jumat, 12 Februari 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Imlek di Indonesia: Dilarang Soeharto, dijadikan hari libur oleh Megawati

ILUSTRASI. JAKARTA,11/2-DOA SAMBUT TAHUN BARU IMLEK. Jemaat berdoa dengan membakar hio di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta, Kamis (11/2/2021). KONTAN/Fransiskus Simbolon


IMLEK - Tahun Baru Imlek 2021 dirayakan hari ini, Jumat (12/2/2021). 

Jutaan orang di seluruh dunia akan mempersiapkan acara terpenting dalam kalender China, Hari Raya Imlek 2021.

Selain China, beberapa negara lain juga merayakan perayaan Imlek seperti Vietnam, Singapura, Thailand, Kamboja, Malaysia, Indonesia, Mongolia, Myanmar, Tibet, Mauritius, Korea Utara, dan Korea Selatan.

Harapan baik dan salam keberuntungan pun berlimpah di seluruh China maupun bagi warga keturunan Tionghoa. Di Indonesia, perayaan Imlek secara meriah baru bisa dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur. 

Lantas, seperti apa sejarah Imlek di Indonesia? 

Baca Juga: ​Imlek 2021, inilah 11 makanan khas di Tahun Baru China dan maknanya

Imlek di masa Orde Baru

Sejarah Imlek di Indonesia

Jika menilik sejarah Imlek di Indonesia, pada masa Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, perayaan Imlek dan berbagai tradisi Cina dibatasi di Indonesia. 

Dirangkum dari Harian Kompas (5/2/2000), pemerintah melarang dilakukannya secara terbuka segala bentuk kegiatan agama, kepercayaan dan adat istiadat Cina melalui Instruksi Presiden (Inpres) No 14 Tahun 1967. 

Inpres No 14 Tahun 1967 itu membuat warga masyarakat keturunan Tionghoa tak lagi bisa merayakan ritual-ritual Konghucu, kepercayaan asli mereka. 

Termasuk merayakan Imlek dengan menggelar pertunjukkan barongsai dan mengarak patung dewa-dewa alias toapekong di tempat-tempat umum. Huruf-huruf atau lagu Mandarin tidak boleh diputar di radio. 

Koran-koran beraksara Cina diberangus. Sekolah-sekolah Cina yang mengajarkan bahasa dan kebudayaan Cina pun ditutup.

Baca Juga: ​Imlek 2021, inilah arti Shio Kerbau dan daftar lengkap 12 shio Tahun Baru China

Pemerintah Orde Baru (Orba) waktu itu meragukan nasionalisme keturunan Tionghoa. Meski umumnya sudah turun temurun tinggal di bumi Nusantara, mereka dicurigai secara politis masih berorientasi ke Republik Rakyat Cina (RRC). 

RRC, khususnya Partai Komunis Cina (PKC), dituding telah ikut membesarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan punya andil dalam gerakan pemberontakan G-30-S/PKI tahun 1965.

Sejak itu ritual-ritual dan perayaan-perayaan yang berhubungan dengan agama, kepercayaan, dan tradisi asli Cina dilakukan secara tertutup. Ritual Imlek, misalnya, dilakukan komunitas Tionghoa hanya dalam lingkungan kelenteng. 

Sikap diskriminatif yang mereka terima baik secara politik maupun sosial, membuat sebagian warga keturunan Tionghoa sampai merasa perlu menyamarkan identitas etnik dan kebudayaan mereka hanya agar bisa tetap bertahan di tengah-tengah masyarakat Indonesia. 

Antara lain dengan mengganti nama Cina mereka dengan nama yang lebih Indonesiawi.

Baca Juga: Bukan Selamat Tahun Baru Imlek, inilah makna ucapan Gong Xi Fa Cai

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru