Tak boleh Anda lewatkan, ini 5 manfaat bunga rosella

Senin, 07 Desember 2020 | 18:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak boleh Anda lewatkan, ini 5 manfaat bunga rosella


KESEHATAN - Bunga rosella memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu sebabnya, ada beragam manfaat bunga rosella yang berguna untuk kesehatan Anda.

Bunga rosela merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Berikut manfaat bunga rosella untuk kesehatan:

Mengandung antiinflamasi

Bunga rosella biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh. Selain itu, bunga rosella juga bisa dibuat menjadi salad dan dikombinasikan dengan sumber makanan bergizi lainnya.

Dengan mengonsumsi bunga rosella secara rutin, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit. Sebab, vitamin C dalam bunga rosella berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya itu, peradangan yang terjadi akibat infeksi penyakit juga bisa diredakan dengan bunga rosella karena memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri.

Baca Juga: Berikut cara memilih semangka yang manis dan segar

Menjaga kesehatan pencernaan

Mengutip dari Rhymbahillstea.com, manfaat bunga rosella bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Soalnya, ada kandungan diuretik dan tonik dalam bunga rosella.

Dengan mengonsumsi bunga rosella secara rutin, buang air besar dan buang air kecil Anda bisa semakin lancar. Tak hanya itu, mengonsumsi bunga rosella dapat mengobati sembelit yang Anda alami dan mencegah munculnya kanker perut.

Mengandung antidepresan

Apakah Anda sering merasa cemas? Jika iya, ada baiknya untuk mengonsumsi bunga rosella secara rutin.

Jenis tumbuhan itu memiliki kandungan antidepresan yang mampu menenangkan sistem saraf. Dengan begitu, tubuh Anda bisa lebih rileks dan kecemasan hingga depresi bisa teratasi dengan baik.

Mengontrol tekanan darah

Melansir Rhymbahillstea.com, bunga rosella dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Kemampuan itu berasal dari kandungan antihipertensif dan cardio-protective.

Hasilnya, tak hanya tekanan darah Anda yang terkontrol, tapi risiko berbagai penyakit jantung pun menurun.

Selain itu, kemampuan mengontrol tekanan darah juga berasal dari kandungan antiinflamasi. Jika Anda ingin merasakan manfaat bunga rosella itu, cobalah untuk mengonsumsinya dalam bentuk teh tiga kali sehari selama beberapa minggu.

Baca Juga: Ini resep obat herbal diabetes melitus yang mudah dibuat

Menjaga kondisi liver

Salah satu manfaat Bunga Rosella adalah menjaga kesehatan liver.

Kondisi liver bisa terganggu karena banyaknya radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh. Hal itu bisa Anda cegah dengan mengonsumsi bunga rosella.

Jenis tanaman itu mengandung banyak antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Selanjutnya: Cara mengolah bunga telang beserta mafaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru