W.R. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan saat Sumpah Pemuda

Rabu, 28 Oktober 2020 | 10:41 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
W.R. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan saat Sumpah Pemuda

ILUSTRASI. W. R. Supratman


SEJARAH - Wage Rudolf Soepratman atau yang lebih sering dipanggil W.R. Supratman adalah tokoh bangsa yang dikenal sebagai pencipta Lagu Indonesia Raya. 

Lagu tersebut pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda II yang berhasil merumuskan Sumpah Pemuda. 

Dirangkum dari laman Museum Sumpah Pemuda dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, W.R. Supratman lahir pada Jumat Wage, 19 Maret 1903 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tiga bulan setelah lahir, orang tuanya membawanya ke Jatinegara. Ayah W.R. Supratman, Sersan Jumeno Senen adalah seorang tentara KNIL pun segera mencatatkan kelahiran anaknya. 

Untuk memudahkan, maka Akte Kelahiran W.R. Supratman dibuat di Jatinegara, sehingga banyak yang menuliskan W.R. Supratman lahir di Jatinegara.

Baca Juga: ​Sejarah dan isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Biografi W.R. Supratman

Pada 1907, W.R. Supratman memulai pendidikan di Frobelschool setara taman kanak-kanak di Jakarta saat usianya 4 tahun. 

Kemudian, dia tinggal bersama kakaknya Ny. Rukiyem di Makasar dan menyelesaikan pendidikan di Tweede Inlandscheschool (Sekolah Angka Dua) pada 1917. 

Pada 1919,  W.R. Supratman lulus ujian Klein Ambtenaar Examen (KAE), ujian untuk calon pegawai rendahan. Setelah lulus KAE, Wage melanjutkan pendidikan ke Normaalschool (Sekolah Pendidikan Guru).  

Baca Juga: Museum Sumpah Pemuda, lokasi ikrar Sumpah Pemuda yang berawal dari rumah tinggal

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru