Yuk, waspadai penyebab dan gejala penyakit crohn

Minggu, 17 Januari 2021 | 05:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Yuk, waspadai penyebab dan gejala penyakit crohn


KESEHATAN - Penyakit crohn merupakan suatu kondisi di mana organ-organ di sepanjang saluran pencernaan mengalami peradangan atau inflamasi. Akibatnya, organ-organ tersebut tak bisa berfungsi secara normal.

Pada beberapa kasus, penyakit itu sering terjadi di usus besar. Kondisi tersebut mengakibatkan Anda mengalami sakit perut, diare, malnutrisi, dan penurunan berat badan.

Namun, setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala parah, tapi tak sedikit pula yang menunjukkan gejala ringan.

Bersumber dari Mayo Clinic, ada pula kasus di mana gejala penyakit crohn muncul secara tiba-tiba.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tersebut, apalagi jika ada gejala lain yang lebih parah. Misalnya, terdapat batu ginjal, anemia, dan radang sendi atau kulit.

Baca Juga: Bahaya terlalu banyak makan daging bisa merusak kesehatan usus

Penyebab penyakit crohn

Sampai saat ini, belum ada faktor pasti yang menyebabkan penyakit crohn. Namun, gangguan kesehatan itu bisa diperparah karena beberapa hal, seperti keturunan dan kondisi sistem imun seseorang.

Infeksi virus dan bakteri bisa memicu kemunculan penyakit crohn. Saat sistem imun tubuh Anda memiliki respons yang abnormal, sistem imun justru menyerang sel yang berada di sistem pencernaan.

Melansir Mayo Clinic, faktor lain yang dapat memicu kemunculan penyakit crohn. Mulai dari usia, etnis, dan obat antiinflamasi non steroid.

Merokok juga jadi salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan hal yang sama. Maka dari itu, usahakan untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Anda tidak ingin terkena batu ginjal? Hindari beberapa hal berikut ini

Editor: Belladina Biananda

Terbaru