​10 Hikmah Isra Mi'raj 2023 dalam Kehidupan Sehari-hari

Jumat, 17 Februari 2023 | 10:53 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​10 Hikmah Isra Mi'raj 2023 dalam Kehidupan Sehari-hari


AGAMA DAN KEPERCAYAAN - Isra Miraj adalah peristiwa saat Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ke-7 untuk mendapatkan wahyu berupa kewajiban shalat lima waktu. Ada 10 hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari untuk diamalkan oleh umat Islam. 

Isra Mi'raj 2023 jatuh pada Sabtu, 18 Februari atau tanggal 27 Rajab. Dirangkum dari laman NU Online, pengertian Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsa. 

Sedangkan Mi’raj adalah perjalanan beliau dari Masjid al-Aqsa ke Sidrah al-Muntaha. Sidrah al-Muntaha adalah tempat di langit yang bersifat ghaib, tidak mungkin dijangkau oleh panca indera manusia, bahkan tidak dapat dijangkau oleh akal pikiran.

Lantas, apa saja hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari? 

Baca Juga: Kisah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Singkat dan Lengkap

10 Hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari 

Salah satu hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari adalah memahami tanda-tanda kebesaran Allah dalam peristiwa tersebut.

Dirangkum dari laman NU Online, berikut adalah 10 hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari: 

1. Memahami tanda-tanda kebesaran Allah 

Salah satu hikmah Isra Mi'raj dalam kehidupan sehari-hari adalah memahami tanda-tanda kebesaran Allah dalam peristiwa tersebut. 

Dalam peristiwa Isra Mi'raj, Rasulullah mampu melihat malaikat Jibril dengan wujudnya yang asli, ia memiliki enam ratus sayap hingga bisa menutup langit. Allah juga memerlihatkan surga, neraka, dan beberapa keajaiban lainnya.

Baca Juga: 40 Twibbon Isra Miraj 2023, Bisa Dipasang Pakai Foto Anda dan Bagikan di Medsos

2. Membersihkan jiwa raga untuk menghadap Allah SWT

Hikmah Isra Mi'raj salah satunya adalah sebelum menghadap Allah SWT, jiwa dan raga harus dalam keadaan bersih dari segala kotoran dan najis. 

Sebab, diriwayatjan, sebelum melakukan perjalanan Isra Mi'raj, malaikat membelah dada Nabi Muhammad SAW untuk dibersihkan hatinya menggunakan air zam-zam. 

Lalu hatiku dikeluarkan dan dicuci dengan air zam-zam, kemudian dikembalikan ke tempatnya den memenuhinya dengan iman dan hikmah”. (HR Bukhari).

Baca Juga: ​Kumpulan Ucapan Isra Miraj 2023 yang Bisa Dibagikan ke Saudara, Teman, dan Kerabat

3. Pentingnya persoalan shalat

Hikmah Isra Mi'raj selanjutnya adalah pentingnya persoalan shalat. Malam Isra Mi’raj merupakan waktu disyariatkannya shalat lima waktu secara langsung, tanpa melalui perantara Malaikat Jibril sebagaimana syariat-syariat lainnya. Ini menunjukkan betapa shalat memiliki kedudukan sangat penting bagi umat Islam.

Hikmah Isra Mi'raj selanjutnya adalah pentingnya persoalan shalat.

4. Tingginya derajat kehambaan

Tingginya derajat kehambaan juga menjadi salah satu hikmah Isra Mi'raj. Dalam surat Al-Isra’ ayat satu yang mengisahkan peristiwa Isra' Mi’raj. 

Kata yang digunakan untuk menyebut Nabi Muhammad saw adalah ‘abdun’ yang berarti hamba. Ini menunjukkan hamba yang benar-benar bertakwa kepada Allah mendapat derajat begitu luhur di sisi-Nya.

Baca Juga: 25 Gambar Spanduk Isra Miraj 2023 Gratis, Desain Menarik dan Terbaru

5. Pembekalan dakwah yang tangguh

Hikmah Isra Mi'raj juga menjadi pembekalan dakwah yang tangguh. Sebelum peristiwa Isra' Mi’raj, orang-orang yang Nabi Muhammad cintai dan mendukung misi dakwahnya sepenuh hati silih berganti meninggal dunia.

Di sisi lain penindasan kaum Quraisy semakin hebat. Ujian bertubi-tubi yang Allah lakukan ini agar Nabi benar-benar tangguh dalam berdakwah. 

Baca Juga: 35 Twibbon Rajab 2023 untuk Dibagikan di Media Sosial, Simak Keutamaannya

6. Menyampaikan kebenaran meskipun pahit

Selanjutnya, hikmah Isra Mi'raj adalah menyampaikan kebenaran meskipun pahit. Begitu pagi setelah malam Isra Mi’raj, Nabi mengabarkan apa yang baru dialaminya ke penduduk Makkah. 

Praktis, banyak orang yang tidak percaya dengan kabar ‘tidak masuk akal’ ini. Ini menunjukkan bahwa kebenaran harus tetap disampaikan, meskipun banyak mendapat penolakan. 

Baca Juga: Cek, Tanggal Merah Maret 2022 dan Hari Besar Maret 2022

7. Syariat Nabi Muhammad menghapus syariat nabi-nabi terdahulu

Syariat Nabi Muhammad menghapus syariat nabi-nabi terdahulu juga menjadi salah satu hikmah Isra Mi'raj. Saat peristiwa Isra' Mi’raj, Rasulullah SAW menjadi imam shalat bagi nabi-nabi terdahulu.

Ini bukti bahwa mereka tunduk dan mengikuti risalah Nabi Muhammad SAW sekaligus menjadi isyarat bahwa syariatnya telah menghapus syariat nabi-nabi sebelumnya. 

Baca Juga: Ada Dua ​Tanggal Merah Februari 2022, Ada Libur Isra Miraj 28 Februari

8. Keistimewaan Masjidil Aqsha bagi umat Muslim

Dalam perjalanan Isra’, masjid yang berada di Palestina itu menjadi tempat tujuan Nabi, sebelum akhirnya bertolak ke Sidratul Muntaha. Ini merupakan indikasi betapa mulianya masjid tersebut dan menjadi hikmah Isra Mi'raj.  

Bahkan masjid ini pernah menjadi kiblat shalat sebelum akhirnya berganti Ka’bah. Pahala shalat Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) juga 500 kali lipat dibanding masjid biasa.

Baca Juga: Libur Isra Mira'j 28 Februari, Ini Daftar Tanggal Merah dan Hari Besar Februari 2022

9. Islam merupakan agama yang suci

Ketika Nabi Muhammad saw diberi pilihan antara air susu dan khamr saat Mi’raj di , Nabi lebih memilih susu. Kemudian Malaikat Jibril as berkata, “Engkau telah diberi hadiah kesucian.” Ini sebagai isyarat bahwa Islam adalah agama suci (fitrah) dan menjadi salah satu hikmah Isra Mi'raj.    

Baca Juga: Ada 16 Hari, Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022 dan Aturan Cuti Bersama 2022

10. Memantapkan Nabi Muhammad SAW

Sebelum Mi’raj, Rasulullah hanya mendengar info terkait surga, neraka, dan hal-hal gaib lainnya melalui wahyu. Ini namanya ‘ilmul yaqin, Nabi mengimaninya tapi belum melihat langsung.   

Ketika Mi’raj, Rasulullah saw melihat langsung dengan mata kepala beliau sendiri. Ini namanya ‘ainul yaqin. Ketika seseorang sudah sampai pada ‘ainul yaqin, maka kemantapan atas apa yang diyakininya semakin kuat dan menjadi hikmah Isra Mi'raj. 

Demikian 10 hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang bisa diamalkan oleh umat Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru