10 Sebutan Negara Indonesia untuk Mata Dunia, Zamrud Khatulistiwa hingga Agraris

Jumat, 22 Desember 2023 | 15:36 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
10 Sebutan Negara Indonesia untuk Mata Dunia, Zamrud Khatulistiwa hingga Agraris

ILUSTRASI. 10 Sebutan Negara Indonesia untuk Mata Dunia, Ada Khatulistiwa hingga Agraris. KONTAN/Fransiskus Simbolon/03/06/2018


10 Sebutan Negara Indonesia - JAKARTA. Kenali apa saja sebutan negara Indonesia yang menjadi kebanggaan rakyatnya. Beberapa julukan di bawah ini bisa menjadi kata-kata yang mencerminkan berbagai aspek dan ciri khas negara ini.

Indonesia, tanah air yang kaya akan keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan sejarah yang memukau, seringkali dihadiahkan dengan berbagai julukan yang mencerminkan keunikan dan keistimewaannya.

Dari "Negeri Zamrud Khatulistiwa" yang menggambarkan kepulauan megah hingga "Negara dengan Keanekaragaman Budaya" yang memuja ragam etnis dan tradisi, setiap julukan menggambarkan sisi berbeda dari kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Untuk itu, telaah lebih jauh dan terus menggali makna di balik julukan-julukan yang membanggakan ini, memperdalam pemahaman kita tentang keistimewaan yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat istimewa di mata dunia.

Baca Juga: Apa Arti Kata Ceasefire Now? Ini Makna dalam Konflik Palestina-Israel

Sebutan Negara Indonesia

Petani menanam bibit padi di persawahan

Berikut ini beberapa sebutan negara Indonesia yang menjadi julukan dan semangat memaknai negari ini.

1. Negara Nusantara

Sebutan untuk Indonesia ini mengacu pada kepulauan yang luas dan beragam yang membentuk wilayah Indonesia. Banyak kelompok etnis dan komunitas dengan bahasa, adat istiadat, serta kepercayaan yang beragam, menciptakan lanskap budaya yang sangat kaya dan berwarna di seluruh negeri.

2. Tanah Air

Julukan untuk Indonesia ini merujuk pada tanah kelahiran atau tanah asal bangsa Indonesia. Kearifan lokal dan tradisi turun temurun menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai adat istiadat, upacara, dan seni tradisional menjadi warisan yang dijunjung tinggi dan melestarikan identitas budaya.

3. Zamrud Khatulistiwa

Julukan ini disematkan karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah, seperti hutan hujan tropis, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati. Merujuk pada garis khatulistiwa yang melintasi Indonesia dan membagi wilayahnya menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan selatan.

4. Negeri Seribu Pulau

Julukan ini menunjukkan kekayaan Indonesia dalam jumlah pulau yang sangat banyak. Ini juga disematkan karena Indonesia memiliki ribuan pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak.

Keanekaragaman geografis ini mencakup pegunungan, lembah, sungai, dan danau yang memperkaya keindahan alam Indonesia.

Baca Juga: Ketahui Apa Arti dari Acuh Tak Acuh dan Penggunaan dalam Kalimat

Raja Ampat Papua

5. Negeri Seribu Candi

Alasan dari julukan ini disematkan karena di Indonesia terdapat banyak candi peninggalan Hindu-Buddha, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Singosari.

6. Paru-paru Dunia

Julukan ini disematkan karena Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang luas, yang merupakan rumah bagi berbagai macam flora dan fauna. Daya saing sumber daya alam Indonesia ada di peringkat 17 dari 139 negara. Sementara itu, melansir dari Kementerian LHK, hutan tropis Indonesia adalah yang terbesar ketiga setelah Brazil dan Kongo.

7. Macan Asia Tertidur

Julukan ini disematkan karena Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara maju, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan.

8. Bumi Pertiwi

Artinya adalah "Bumi yang Tercinta" atau "Bumi yang Dijanjikan," mencerminkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air.

9. Negara Maritim

Merujuk pada sifat kepulauan dan kekayaan laut Indonesia yang besar. Perairan Indonesia menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa.

Dengan kehidupan terumbu karang, ikan-ikan warna-warni, dan kehidupan laut lainnya menjadikan Indonesia sebagai destinasi penyelaman yang sangat dicari oleh para penyuka keindahan alam bawah laut.

10. Negara Agraris

Sebagian besar penduduk Indonesia menggantungkan hidup dari sektor pertanian. Tanah yang subur dan iklim tropis mendukung pertanian padi, kelapa, kopi, serta berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, menjadikan Indonesia sebagai negara agraris yang penting di kawasan ini.

Itulah beberapa julukan atau sebutan negara Indonesia yang bisa dipakai sebagai simbol atau cerminan bernegara. Selain itu, julukan ini bisa membuka mata dunia internasional terkait fenomena alam NKRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru