4 Bahan alami untuk obat eksim kering

Selasa, 26 Januari 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami untuk obat eksim kering


KESEHATAN - Ada banyak obat eksim kering yang bisa Anda gunakan. Mulai dari produk yang dijual di pasaran hingga mengubah pola hidup. Memanfaatkan bahan-bahan alami juga bisa dijadikan opsi untuk mengurangi tingkat keparahan.

Beberapa jenis bahan alami yang dipakai untuk mengatasi eksi cukup mudah untuk ditemukan, seperti lidah buaya dan minyak kelapa. Kandungan dalam bahan alami itu mampu melembabkan dan mengurangi inflamasi sehingga infeksi pun berkurang.

Selain mudah didapat, bahan-bahan alami cukup mudah untuk dipakai. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Lidah buaya

Mengutip dari Medical News Today, lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi eksim. Mulai dari antibakteri, antimikroba, dan penyembuh luka. 

Bahan alami ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Pastikan untuk tidak memakai gel lidah buaya yang mengandung alkohol atau pewangi karena justru dapat membuat eksim semakin parah.

Baca Juga: 4 Cara menghaluskan wajah ini patut Anda coba

Cuka apel

Cuka apel jadi obat eksim kering selanjutnya yang bisa Anda pilih. Zat asam dalam cuka apel mampu mengembalikan keseimbangan zat asam kulit sehingga pertahannya menjadi lebih kuat.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati, apalagi bagi pemilik tipe kulit sensitif.

Anda bisa memakai cuka apel saat mandi. Caranya, campurkan dua gelas cuka apel dalam air yang Anda pakai untuk mandi.

Anda bisa memakainya setelah mendiamkan selama 15 hingga 20 menit. Jangan lupa untuk memakai pelembab setelah Anda mandi dengan air tersebut.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa berguna sebagai obat eksim kering.

Asam lemak dalam minyak kelapa mampu melembabkan dan mengatasi kulit kering akibat eksim. Tak hanya itu, kandungan dalam minyak kelapa juga dapat mengatasi peradangan dan meningkatkan pertahanan kulit.

Baca Juga: 4 Penyebab ketombe beserta cara mengatasinya

Madu

Madu termasuk dalam obat eksim kering selanjutnya yang bisa Anda coba. Bahan alami ini mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang bisa menyembuhkan luka di kulit.

Tak berhenti sampai di situ, madu mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan berbagai serangan penyakit. Cobalah untuk mengaplikasikan madu secara langsung pada area kulit yang bermasalah.

Setiap jenis madu bisa memberikan manfaat tersebut. Tapi, cobalah memakai madu manuka supaya proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Selanjutnya: Melembapkan hingga antioksidan, berikut 4 manfaat minyak zaitun untuk kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru