4 Faktor penyebab sariawan, Anda perlu waspada

Senin, 09 Agustus 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Faktor penyebab sariawan, Anda perlu waspada


KESEHATAN - Seriawan merupakan luka di gusi atau dinding mulut bagian dalam yang bisa dialami oleh siapa saja. Maka dari itu, penyebab sariawan perlu Anda waspadai supaya kesehatan tetap terjaga.

Mengetahui penyebabnya juga memudahkan Anda menemukan obat sariawan yang tepat.

Melansir Everyday Health, bagian dalam mulut lebih tipis dan sensitif sehingga lebih mudah terluka. Biasanya, luka terbentuk saat Anda menyikat gigi terlalu kasar.

Menggunakan produk perawatan gigi tertentu juga bisa menyebabkan masalah yang sama. Selain itu, masih banyak faktor lain yang memicu kemunculan sariawan.

Jika sariawan tak kunjung hilang dan menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih parah, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan sesuai penyebab dan kondisi Anda.

Jenis makanan tertentu

Mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu bisa jadi salah satu penyebab sariawan, lo. Yakni, makanan pedas atau asin dan makanan yang terasa asam, seperti lemon atau buah sitrus yang lain.

Tubuh yang kekurangan jenis nutrisi tertentu, seperti zat besi atau asam folat, juga berisiko mengalami seriawan. Jika memang dibutuhkan, Anda perlu mengonsumsi beberapa jenis suplemen.

Tentu saja, konsumsi suplemen perlu dilakukan dengan pengawasan dokter.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Kondisi tubuh

Kondisi tubuh Anda juga berpotensi menyebabkan seriawan. Misalnya, Anda memiliki alergi terhadap gluten atau jenis makanan dan minuman yang lain.

Riwayat kesehatan keluarga juga memiliki pengaruh yang sama. Jadi, jika orangtua Anda sering mengalami seriawan, Anda juga berisiko sering mengalami hal itu.

Tidak berhenti sampai di situ, stres yang Anda alami juga bisa jadi penyebab sariawan. Maka dari itu, usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa meditasi atau yoga, mencoba hobi baru, atau kegiatan relaksasi lain.

Baca Juga: Rekomendasi 6 obat sariawan anak yang mudah didapat

Obat kumur

Kandungan dalam obat kumur bisa jadi penyebab sariawan.

Produk perawatan gigi bisa mengakibatkan seriawan. Tak terkecuali obat kumur yang sering Anda pakai.

Mengutip dari Everyday Health, sariawan sering terjadi saat Anda memakai obat kumur yang mengandung SLS atau sodium lauryl sulfate.

Infeksi bakteri

Untuk menghindari seriawan, Anda juga perlu mewaspadai infeksi bakteri. Contohnya, bakteri Helicobacter pylori.

Tidak hanya menyebabkan luka di saluran pencernaan, beberapa kasus menunjukkan jenis bakteri itu juga dapat melukai bagian dalam mulut.

Selanjutnya: Agar cepat sembuh, coba 5 cara mengobati sariawan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru