4 Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Cepat Naik

Rabu, 04 Mei 2022 | 08:15 WIB Sumber: Healthline,Healthline
4 Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Cepat Naik


KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang selalu khawatir dengan meningkatnya berat badan, rasanya perlu berhati-hati pada kebiasaan-kebiasaan tertentu.   

Pertambahan berat badan tidak selalu karena Anda banyak makan. Ada berbagai kebiasaan sepele harian yang tanpa disadari bisa membuat berat badan cepat naik.   

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik, yang perlu segera Anda hindari, antara lain: 

1. Makan terlalu cepat

Kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik pertama adalah makan terlalu cepat. Alih-alih makan santai, Anda justru makan dengan kecepatan super, dengan prinsip asal perut terisi. 

Kegiatan harian yang padat hingga tumpukan pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan tak jarang membuat Anda mempersingkat waktu makan setiap harinya.  

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan makan buru-buru, cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.  

2. Gemar mengonsumsi makanan olahan

Kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik yang kedua adalah gemar mengonsumsi makanan olahan.  

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan olahan atau junk food, rasanya perlu harap-harap cemas. Pasalnya, hal ini merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik.  

Alasannya, makanan cepat saji atau olahan banyak mengandung gula tambahan, pengawet, dan lemak tidak sehat yang bisa memicu masalah kesehatan, salah satunya kenaikan berat badan.   

3. Kurang tidur

Kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik yang ketiga adalah kurangnya tidur.  

Michael Breus, ahli gangguan tidur di Amerika, menyatakan, bahwa ketika kita terlalu sedikit menutup mata untuk tidur, metabolisme tubuh akan melambat untuk menghemat energi.  

Selain itu, kurang tidur membuat tubuh melepaskan lebih banyak ghrelin (hormon yang memberi sinyal rasa lapar) dan mengurangi leptin (hormon yang memberi sinyal perasaan kenyang).  

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Diabetes di Usia Muda

4. Sering mengabaikan stres

Kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik yang keempat adalah sering mengabaikan stres.  

Stres yang tidak diatasi dengan baik juga bisa menjadi bumerang bagi berat badan. Saat dilanda stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol (hormon stres) dengan lebih banyak.  

Hormon ini yang diduga bisa memicu peningkatan nafsu makan. Menurut beberapa ahli, seorang yang dilanda stres juga cenderung mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi.  

Beberapa kebiasan ini sebaiknya mulai Anda hindari agar berat badan tidak mudah naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru