4 Penyebab nyeri dada sebelah kiri, kenali

Senin, 19 Juli 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab nyeri dada sebelah kiri, kenali

KONTAN.CO.ID - Sama seperti bagian tubuh yang lain, Anda juga bisa mengalami nyeri dada sebelah kiri. Tentu saja, ada banyak faktor yang jadi penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Dengan memerhatikan penyebab munculnya rasa sakit itu, Anda bisa mendapat perawatan yang cepat dan sesuai dengan kondisi. Salah satu penyebab nyeri dada yang biasa dialami oleh banyak orang adalah nyeri otot.

Melakukan olahraga atau aktivitas yang lebih berat daripada biasanya bisa menyebabkan otot menegang. Biasanya, rasa sakit akan terasa saat Anda bernapas atau berada di posisi tubuh tertentu.

Supaya masalah itu cepat hilang, sebaiknya jangan mengangkat beban yang terlalu berat. Menggunakan kompres panas ataupun dingin juga bisa dijadikan pilihan.

Selain nyeri otot, masih banyak faktor lain yang memicu rasa sakit di bagian dada:

Serangan panik

Mengutip dari Web MD, serangan panik bisa jadi salah satu penyebab nyeri dada. Umumnya, nyeri dada terasa seperti serangan jantung.

Selain memicu kondisi itu, ada kondisi lain yang bisa Anda alami saat serangan panik terjadi. Mulai dari sesak napas, detak jantung semakin cepat, kaki dan tangan mati rasa, hingga pusing.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengatasi penyebab tersebut, tak ada salahnya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Selain stres, ini 6 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar yang biasanya muncul di perut hingga saluran pencernaan atas. Tidak menutup kemungkinan kondisi itu menjalar ke dada sebelah kanan atau kiri.

Ada banyak faktor yang memicu heartburn yang perlu Anda waspadai. Misalnya, merokok, konsumsi alkohol.

Asma

Asma bisa sebabkan nyeri dada sebelah kiri.

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa terjadi akibat asma. Selain nyeri, asma juga ditandai dengan gejala lain, seperti batuk, mengi, sesak napas.

Obat asma memang bisa Anda jadikan pilihan, tapi jangan lupa untuk menghindari pemicu asma, ya. Misalnya, aktivitas fisik, debu, atau alergen yang lain.

Baca Juga: 6 Penyebab nyeri dada sebelah kanan, kenali

Angina

Nyeri dada sebelah kiri bisa Anda alami karena angina. Angina adalah kondisi di mana jantung tak menerima cukup darah. Selain terasa di bagian dada, nyeri juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain, seperti pundak, lengan, leher, rahang, dan punggung.

Selanjutnya: Macam-macam penyebab nyeri perut sebelah kiri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru