CLOSE [X]

4 Tanaman pengusir nyamuk, bukan cuma lavender

Kamis, 04 November 2021 | 20:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Tanaman pengusir nyamuk, bukan cuma lavender


KONTAN.CO.ID - Salah satu jenis serangga yang bisa menginfeksi dan menyebabkan penyakit di tubuh Anda adalah nyamuk. Biar terhindar dari jenis serangga itu, Anda bisa meletakkan tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah.

Biasanya, bunga lavenderlah yang cukup sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membasmi nyamuk. Aroma yang keluar dari jenis bunga itu tak disukai oleh nyamuk sehingga cocok Anda tanam di sekitar rumah.

Selain itu, bunga lavender juga memiliki tampilan yang indah sehingga bisa jadi tanaman hias. Anda bisa meletakkannya di luar rumah atau dalam rumah di mana Anda sering melakukan kegiatan.

Tidak hanya lavender, tentu saja masih banyak jenis tanaman lain yang dapat Anda jadikan pilihan.

Bawang putih

Bawang putih termasuk bahan alami yang hampir selalu ada di dapur Anda. Alasannya karena jenis bahan alami tersebut bisa menyedapkan rasa masakan. Namun, tahukah Anda bahwa bawang putih juga bisa jadi pengusir nyamuk?

Mengutip dari Holtkamp, cobalah untuk menanam bawang putih di sekitar rumah. Dengan begitu, rumah Anda bisa terhindar dari serangan nyamuk yang bisa menularkan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Makin banyak nyamuk di musim hujan, simak tips untuk mengusirnya

Kemangi

Kemangi bisa jadi tanaman pengusir nyamuk.

Siapa yang suka makan kemangi? Ternyata, kemangi juga termasuk dalam daftar tanaman pengusir nyamuk, lo. Ada banyak jenis kemangi yang bisa Anda tanaman. Anda bisa memilih jenis mana pun sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, lemon basil dan cinnamon basil adalah beberapa jenis kemangi yang cukup efektif membasmi nyamuk. Holtkamp menambahkan, jenis daun kemangi cukup mudah ditanam. Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk tidak memiliki jenis tumbuhan itu.

Baca Juga: Tikus sering masuk rumah? Usir dengan 5 tanaman berikut ini

Serai

Serai termasuk dalam daftar tanaman pengusir nyamuk.

Serai adalah tanaman pengusir nyamuk lainnya yang dapat Anda jadikan pilihan. Jenis tanaman yang bisa tumbuh hingga 5-6 kaki itu nemiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Selain ditanam di pekarangan, serai juga bisa Anda letakkan dalam pot.

Peppermint

Supaya tak ada banyak nyamuk yang ada di rumah Anda, cobalah untuk menanam peppermint. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat peppermint yang lain. Misalnya, Anda bisa langsung memakai peppermint pada bekas gigitan nyamuk.

Selanjutnya: Musim hujan tiba, ini cara mengusir nyamuk yang bermunculan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru