5 Bahan terbaik ini cocok jadi cara mengusir nyamuk

Selasa, 23 Maret 2021 | 10:28 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan terbaik ini cocok jadi cara mengusir nyamuk

ILUSTRASI. Cara mengusir nyamuk perlu Anda lakukan untuk menurunkan risiko tertular penyakit.


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Nyamuk adalah salah satu jenis serangga yang bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Tak hanya itu, kehadiran nyamuk juga mampu meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti DBD, malaria, dan lain sebagainya. Maka dari itu, cara mengusir nyamuk perlu segera Anda lakukan.

Ada banyak cara yang bisa Anda pakai untuk membasmi nyamuk. Mulai dari memakai pestisida, pengusir nyamuk yang dijual di pasaran, atau memanfaatkan bahan-bahan alami. Contoh bahan alami yang bisa Anda pakai adalah essential oil, minyak kelapam bawang putih, dan lain-lain.

Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, Anda perlu mencoba beberapa cara dan memilih mana yang paling efektif mengusir nyamuk di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. 

Minyak Mimba dan Minyak Kelapa

Minyak mimba atau neem oil bisa jadi pengusir nyamuk yang cukup efektif. Anda perlu mencampur minyak mimba dengan minyak kelapa dan air lalu masukkan campuran itu ke botol semprot. Mengutip dari This Old House (thisoldhouse.com), campuran itu juga bisa Anda semprotkan di kulit Anda.

Baca Juga: Hati hati ular masuk rumah saat musim hujan, ini 4 cara mudah mengusirnya

Bubuk Kopi

Apakah Anda suka minum kopi? Jika iya, jangan buang sisa bubuk kopinya karena bisa dipakai sebagai cara mengusir nyamuk. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di kertas karton atau baki lalu bakar sebentar.

Aroma yang keluar dari hasil pembakaran itu akan menjauhkan nyamuk dari lingkungan tempat tinggal Anda. Namun, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang aman, ya. Jauhkan dari hewan peliharaan dan anak kecil.

Kemangi

Tak hanya cocok dijadikan lalapan, kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir nyamuk. Anda bisa memakai minyak kemangi di kulit Anda supaya terhindar dari gigitan nyamuk. Selain itu, Anda bis amenempatkan tanaman kemangi di beberapa sudut rumah supaya tak ada nyamuk yang datang.

Baca Juga: Tips mengusir kecoa dari rumah dengan cara yang mudah

Bawang Putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah digunakan sebagai cara mengusir nyamuk.

This Old House mengatakan bahwa salah satu manfaat bawang putih adalah sebagai pengusir nyamuk. Anda hanya perlu mencampur bawang putih dengan air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan air bawang putih itu ke beberapa sudut rumah.

Essential Oil

Beberapa jenis essential oil yang bisa mengusir nyamuk adalah lavender, minyak kayu putih, atau lemon. Sama seperti poin sebelumnya, Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes essential oil dengan air lalu semprotkan ke beberapa sudut rumah.

Selanjutnya: Efektif, inilah 4 cara mengusir cicak yang mudah dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru