5 Finger food yang bisa menjadi snack sehat untuk bayi

Rabu, 03 Februari 2021 | 15:26 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Finger food yang bisa menjadi snack sehat untuk bayi

ILUSTRASI. 5 Finger food yang bisa diberikan sebagai snack sehat untuk bayi.


PARENTING - Setelah bayi berusia di atas 6 bulan, makanan pendamping ASI atau MPASI bisa diberikan. Selain MPASI, Anda juga bisa memberikan selingan makanan dengan menambahkan finger food

Buah hati di usia 8-9 bulan biasanya sudah mulai belajar makan sendiri. Dia akan menggenggam makanannya dan belajar makan sendiri. 

Agar aman, bersumber dari Today's Parent, berikan finger food yang sudah dipotong kecil-kecil agar buah hati tidak tersedak. 

Pastikan juga makanan tersebut cukup lunak biar mudah dikunyah buah hati serta bergizi. Merangkum Today's Parent, berikut finger food yang bisa diberikan pada bayi untuk snack mereka:

finger food untuk bayi

  • Sayuran

Sayuran, seperti wortel dan brokoli, bisa Anda jadikan finger food untuk bayi. Agar tidak keras, rebus terlebih dahulu wortel dan brokoli yang sudah dipotong kecil.  

Timun juga bisa Anda jadikan snack sehat untuk buah hati. Potong memanjang timun dengan ukuran yang bisa digenggam buah hati. Snack timun cocok untuk buah hati yang sudah mulai tumbuh gigi. 

Baca Juga: 5 Tips meningkatkan daya ingat anak, sederhana dan mudah diterapkan

finger food untuk bayi

  • Buah

Selain sayuran, finger food sehat bisa dibuat dari buah segar. Pisang menjadi snack yang paling mudah diberikan pada bayi. Selain mudah dikunyah, pisang juga cukup terjangkau. 

Anda juga bisa memberikan buah mangga hingga stroberi sebagai finger food untuk bayi. Potong-potong buah tersebut agar mudah digenggam oleh anak. Tambahkan sedikit gula jika dirasa buah tersebut terlalu asam. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru