5 Khasiat daun sirsak ini berguna untuk kesehatan tubuh

Jumat, 14 Mei 2021 | 17:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat daun sirsak ini berguna untuk kesehatan tubuh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak khasiat daun sirsak yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Bahan alami itu efektif melawan infeksi dan berbagai macam penyakit. Dengan pemakaian secara rutin, kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa mengonsumsi efek samping daun sirsak juga bisa Anda alami. Jenis bahan alami itu bisa mengakibatkan gangguan neuron dan menurunkan tekanan darah tinggi secara berlebihan.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati ketika mengonsumsi daun sirsak. Cobalah untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Selain itu, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan jumlah konsumsi yang tepat, manfaat-manfaat berikut bisa Anda dapat.

Mengatasi Insomnia

Tahukah Anda bahwa daun sirsak bisa digunakan untuk mengatasi insomnia? Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak dapat menenangkan otot sehingga Anda bisa tidur lebih mudah. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air rebusan daun sirsak secara rutin.

Baca Juga: Manfaat daun sukun untuk kesehatan yang jarang diketahui

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Melansir Stylecraze, daun sirsak berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mampu mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, dan jenis kuman yang lain. Dengan penggunaan rutin, gingivitis, periodontitis, dan jenis penyakit gigi dan mulut lainnya bisa Anda hindari.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Khasiat daun sirsak selanjutnya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Misalnya, kanker payudara, kanker darah, kanker prostat, dan jenis kanker lainnya. Kemampuan itu berasal dari senyawa dalam daun sirsak bernama annonaceous acetogenins yang berperan sebagai antikanker.

Baca Juga: 6 Manfaat buah sirsak untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin

Mengatasi Diabetes

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi daun sirsak secara rutin. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan tikus percobaa. Kondisi glikemik pada tikus yang menderita diabetes menjadi lebih terkontrol setelah diberi 100 mg/kg ekstrak daun sirsak.

Hal tersebut dilakukan selama 28 hari. Hasilnya, jumlah gula darah dalam darah mengalami penurunan. Tak hanya itu, daun sirsak juga mampu mengontrol jumlah kolesterol yang tersimpan dalam tubuh.

Mengandung Banyak Antiinflamasi

Khasiat daun sirsak berasal dari banyaknya antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

Khasiat daun sirsak juga berasal dari banyaknya antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu. Selain itu, daun sirsak juga dipenuhi dengan antioksidan. Artinya, penggunaan daun sirsak secara rutin dapat mengobati luka dalam tubuh dengan lebih cepat. Misalnya, rematik, diare, dan ruam di kulit.

Selanjutnya: 6 Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru