5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan, termasuk jadi obat asma

Jumat, 26 Februari 2021 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan, termasuk jadi obat asma

KONTAN.CO.ID - Daun sirih adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa alasan, banyaknya manfaat daun sirih berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari kalium hingga vitamin A.

Mengutip dari laman Med India, 100 g daun sirih mengandung 1,9 mg vitamin A, 13 mcg vitamin B1, dan 0,63 g asam nikotinat. Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung banyak essential oil dan senyawa kimia yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Biasanya, daun sirih digunakan untuk mengobati luka. Soalnya, banyak antioksidan dalam daun sirih. Dengan memakai bahan alami itu, proses penyembuhan luka akan lebih cepat, apalagi luka bakar.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari daun sirih.

Mengatasi diabetes

Hasil penelitian menunjukkan, daun sirih bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan obat diabetes pada umumnya, bahan alami itu tidak menimbulkan efek samping. Jadi, cukup aman untuk Anda coba.

Baca Juga: Anda menderita kolesterol tinggi? Bawang bombai efektif menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat daun sirih adalah menurunkan kolesterol.

Manfaat daun sirih selanjutnya adalah mampu menurunkan kolesterol yang terlalu tinggi. Eugenol dalam daun sirih pun berfungsi meningkatkan julah kolesterol baik atau HDL. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda akan terjaga.

Berfungsi sebagai antikanker

Menurut Med India, daun sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai antikanker. Senyawa fenolik dalam daun sirih berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan antimutagenik sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, kandungan-kandungan dalam daun sirih bisa melawan serangan radikal bebas dengan baik. Artinya, tubuh Anda akan lebih sehat karena risiko serangan penyakit bisa teratasi secara optimal.

Baca Juga: 11 Obat herbal yang efektif meredakan asam urat, bahannya mudah didapat loh

Mengatasi depresi

Mengunyah daun sirih dapat meningkatkan kebahagiaan dan kewaspadaan seseorang. Asam fenolat dalam bahan alami itu pun mampu meningkatkan jumlah katekolamin sehingga risiko depresi bisa menurun.

Obat asma

Manfaat daun sirih lainnya yang tidak boleh terlewat adalah bahan alami tersebut cocok digunakan sebagai obat asma. Asma adalah suatu kondisi di mana sistem pernapasan mengalami inflamasi atau peradangan.

Nah, kandungan dalam daun sirih berguna sebagai antiinflamasi sehingga gejala asma bisa teratasi. Supaya manfaat itu bisa Anda rasakan, cobalah untuk menggunakan daun sirih secara rutin.

Selanjutnya: 10 Manfaat temulawak untuk kesehatan: mengobati asam urat sampai mencegah kanker

Editor: Belladina Biananda
Terbaru