5 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri, mulai batu ginjal hingga endometriosis

Jumat, 10 September 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri, mulai batu ginjal hingga endometriosis

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda sedang mengalami sakit pinggang sebelah kiri? Biar perawatan yang sesuai bisa Anda dapat, penyebabnya perlu Anda ketahui.

Sakit pinggang sebelah kiri bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari masalah ringan hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Faktor umum yang menyebabkan pinggang terasa sakit adalah otot menegang.

Mengutip dari Insider, kondisi itu bisa dipicu karena banyak hal, seperti kecelakaan, memutar posisi tubuh secara tiba-tiba, postur tubuh buruk, atau mengangkat beban dengan posisi yang salah.

Selain menimbulkan rasa sakit, otot yang tegang sulit digerakkan. Akibatnya, pergerakan tubuh Anda menjadi terbatas. Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir, seiring berjalannya waktu, ketegangan otot bisa sembuh dengan sendirinya.

Tak hanya otot tegang, masih banyak faktor lain yang perlu Anda waspadai karena menyebabkan sakit pinggang. Jangan ragu untuk mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter jika rasa sakit semakin parah dan tak kunjung sembuh.

Baca Juga: 5 Opsi obat herbal sakit pinggang yang mudah didapat

Batu ginjal

Sakit pinggang sebelah kiri juga bisa muncul karena batu ginjal, lo. Batu ginjal terbentu karena penumpukan mineral yang dapat menyumbat saluran kencing. Selain menimbulkan rasa sakit, batu ginjal juga bisa membuat Anda mengalami kencing darah.

Hamil

Bagi ibu hamil, sakit pinggang merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Melansir Insider, lebih dari dua per tiga ibu hamil mengalami hal tersebut. Tak hanya di bagian kiri, rasa sakit bisa menjalar ke bagian pinggang yang lain.

Tumor

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya adalah munculnya tumor di sumsum tulang belakang. Ada gejala tumor lain yang Anda alami selain sakit pinggang. Mulai dari demam, mati rasa, sulit berjalan, hingga berat badan turun.

Baca Juga: Inilah 5 faktor penyebab sakit pinggang, apa saja?

Infeksi kandung kemih

Infeksi kandung kemih bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

Faktor lain yang bisa menyebabkan rasa sakit di bagian pinggang adalah infeksi pada kandung kemih. Biasanya, infeksi kandung kemih juga ditandai dengan kondisi lain.

Misalnya, muncul sensasi terbakar saat Anda buang air kecil, demam, dan tubuh menggigil.

Endometriosis

Apakah Anda mengenal endometriosis? Endometriosis merupakan kondisi di mana jaringan yang seharusnya tumbuh dalam rahim justru berkembang di luar rahim.

Selain menyebabkan sakit pinggang, endometrosis juga menimbulkan kram, apalagi saat Anda menstruasi atau berhubungan seksual.

Selanjutnya: Coba 4 cara alami mengobati nyeri perut kiri bawah ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru