​ 5 sungai terpanjang di Indonesia, tak ada yang di Jawa

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 10:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​ 5 sungai terpanjang di Indonesia, tak ada yang di Jawa


SUNGAI TERPANJANG - Ada 5 sungai terpanjang di Indonesia. Panjang sungai tersebut bahkan ada yang mencapai ribuan kilometer. 

Tapi, dari kelima sungai terpanjang di Indonesia, tidak ada satu pun yang berada di Pulau Jawa. Semuanya terletak di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Lantas, apa saja sungai terpanjang di Indonesia? Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com dan Bobo, berikut 5 sungai terpanjang di Indonesia: 

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Sungai yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki panjang 1.143 kilometer. Air yang ada di sungai ini berasal dari mata air di Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. 

Sungai Kapuas pun dijadikan jalur transportasi kendaraan air karena melewati banyak daerah. Di sekitar sungai ini juga banyak dihuni oleh Suku Dayak dan Melayu.  

Baca Juga: ​10 Gedung tertinggi di dunia 2020, 6 di antaranya di China

Selain itu, sungai ini juga menjadi rumah bagi lebih dari 700 jenis ikan air tawar. Bahkan, 12 jenis ikan di antaranya merupakan ikan langka dan 40 jenis lainnya terancam punah.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Sungai yang terletak di Kalimantan Timur ini bermuara di Selat Makasar. Memiliki panjang 920 km, Sungai Mahakam banyak melintasi sejumlah wilayah, dengan Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu dan Kabupaten Kutai Kartanegara juga Kota Samarinda di bagian hilir. 

Sejak dulu sampai sekarang, Sungai Mahakam memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat di sekitar. Di antaranya, aliran Sungai Mahakam dimanfaatkan untuk jalur transportasi dan irigasi. 

Selain itu, sungai ini juga menjadi rumah bagi mamalia air tawar yang terancam punah, yaitu pesut mahakam. Ada sekitar 140 spesies ikan asli Mahakam.

Juga, sekitar 290 spesies burung yang hidup di Sungai Mahakam dan sekitarnya. Bahkan 70 spesies burung di antaranya juga merupakan burung endemik. 

Baca Juga: Indonesia masuk dalam daftar 10 besar negara dengan kasus corona tertinggi di Asia

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru