CLOSE [X]

6 Arti Warna Ingus Bening, Hijau, Kuning, hingga Hitam Terkait Penyakit Pernapasan

Selasa, 05 Desember 2023 | 15:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
6 Arti Warna Ingus Bening, Hijau, Kuning, hingga Hitam Terkait Penyakit Pernapasan

ILUSTRASI. 6 Arti Warna Ingus Bening, Hijau, Kuning, hingga Hitam Terkait Penyakit Pernapasan


KESEHATAN - JAKARTA. Simak arti warna ingus hidung yang menjadi tanda penyakit pernapasan. Saat hidung Anda mengeluarkan cairan lendir berarti tubuh sedang merespon dan menghadapi adanya infeksi virus maupun iritasi lain.

Ingus merupakan cairan kental dan lendir yang dihasilkan oleh membran lendir di hidung manusia. Kemunculan ingus menjadi salah satu respons alami tubuh terhadap infeksi atau iritasi yang terjadi pada saluran pernapasan.

Produksi ingus bertujuan untuk menjaga saluran pernapasan tetap lembab, melawan kuman, dan membantu membersihkan partikel-partikel asing yang masuk.

Ketika seseorang mengalami flu atau infeksi saluran pernapasan, produksi ingus dapat meningkat sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh. Ingus yang diproduksi selama flu dapat memiliki warna yang berbeda-beda, seperti bening, putih, atau kuning, tergantung pada jenis kuman atau iritasi yang menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Kasus Mycoplasma Pneumonia Telah Terdeteksi di Indonesia

Penyakit terkait dengan ingus

Flu

Pada beberapa kasus, adanya warna kuning pada ingus dapat menunjukkan adanya sel darah putih atau bakteri. Beberapa kondisi medis yang terkait dengan ingus selama flu atau infeksi saluran pernapasan meliputi:

  • Rhinitis: Merupakan peradangan pada membran lendir hidung yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi virus seperti flu.
  • Sinusitis: Infeksi atau peradangan pada sinus yang dapat menyebabkan produksi ingus yang berlebihan.
  • Influenza (Flu): Infeksi virus yang dapat menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, bersin, dan produksi ingus.
  • Common Cold (Pilek): Infeksi virus pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan hidung berair dan produksi ingus.
  • Infeksi Bakteri: Beberapa infeksi bakteri pada saluran pernapasan juga dapat menyebabkan produksi ingus.

Baca Juga: 9 Cara Mencegah Pilek dan Flu di Musim Hujan

Arti Warna Ingus

Ingus sendiri bukanlah penyakit, tetapi merupakan tanda atau gejala dari berbagai kondisi medis. Pada umumnya, ingus yang disebabkan oleh flu atau infeksi saluran pernapasan akan mereda seiring pemulihan dari infeksi.

Apabila seseorang mengalami ingus yang berkepanjangan atau gejala lain yang serius, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Ingus pada hidung bisa berbeda-beda dari sisi warna yang tentu menjadi perbedaan kondisi tubuh terutama saluran pernapasan.

Intip arti warna ingus hidung yang menjadi tanda penyakit pernapasan dilansir dari laman OSF Health Care.

1. Warna bening

Dalam kondisi normal, ingus hidung akan muncul dalam keadaan lendir bening. Ingus bening biasanya menandakan atau semacam faktor lingkungan yang memicu hidung Anda meler, seperti menghirup debu atau alergen.

Ingus bening tidak perlu dikhawatirkan apabila tidak mengganggu pernapasan. Ini bisa juga timbul saat tubuh merespon makanan pedas. Jika terasa tidak nyaman, obat yang dijual bebas dapat membantu meredakan rasa encer tersebut.

2. Warna Kuning

Saat Anda membuang ingus dan melihat lendir kuning, itu biasanya berarti tubuh Anda sedang melawan infeksi. Warna kuning berasal dari sel darah putih yang bergegas ke area tersebut untuk melawan infeksi.

Hal ini bisa terjadi saat tubuh mengalami masuk angin atau infeksi lain bersama bersin, warna kuning bisa muncul pada ingus. Selain itu, tanda pilek maupun flu berat bisa menjadi pertanda awal saat hidung mengeluarkan ingus berwarna kunging.

3. Warna Ingus Hijau

Lendir berwarna hijau berarti infeksinya sedikit lebih kuat. Arti warna ingus hijau berarti banyak sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi. Kondisi infeksi pada akhirnya akan hilang, tetapi jika ingus Anda masih berwarna hijau setelah 10-12 hari, konsultasikan dengan dokter.

Meskipun kuning dan hijau adalah warna paling umum yang biasa lihat saat tubuh merespon alergi atau melawan infeksi, terkadang hidung bisa mengeluarkan warna lain.

4. Warna Ingus Merah

Arti ingus yang berwarna merah atau merah muda berarti darah, tapi jangan khawatir. Darah pada lendir Anda paling sering disebabkan oleh iritasi pada jaringan hidung. Hal ini sering terjadi karena infeksi virus atau alergi akibat seringnya membuang ingus atau penggunaan obat semprot hidung yang dapat menyebabkan jaringan menjadi kering.

Dokter dari OSF Health Care ungkap selama jumlah darah yang tercampur dengan lendir relatif sedikit, tidak perlu dikhawatirkan. Saat pendarahan terus menerus dan tidak berhenti dengan tekanan, Anda harus dievaluasi oleh penyedia layanan kesehatan.

5. Warna Ingus Cokelat

Demikian pula, arti ingus berwarna coklat kemungkinan besar merupakan tanda bahwa Anda pernah mengalami luka di saluran hidung dan telah sembuh. Darah kering biasanya berwarna coklat, jadi lendir Anda mungkin hanya bercampur dengan darah lama.

6. Warna Ingus Hitam

Arti warna ingus hitam dapat memiliki arti yang berbeda-beda seperti yang terjadi pada orang merokok karena bahan kimia yang mereka hirup saat merokok. Kemunculan lendir ingus berwarna hitam bisa muncul saat Anda bekerja di lingkungan yang berdebu atau kotor.

Dalam hal ini, tubuh Anda hanya melakukan tugasnya untuk menghilangkan iritasi apa pun yang masuk ke hidung Anda, dan lendir akan membersihkan debu, jelaga, atau kotoran secara alami.

Namun, ingus hitam juga bisa berarti yang serius. Jika ingus hitam tidak kunjung hilang, segera bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyelesaikan masalah ini.

Demikian informasi terkait arti warna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru