6 Ciri-ciri diabetes ini perlu Anda ketahui, apa saja?

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 13:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Ciri-ciri diabetes ini perlu Anda ketahui, apa saja?


KESEHATAN - Mewaspadai ciri-ciri diabetes merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Dengan begitu, perawatan yang sesuai dengan kebutuhan bisa segera Anda dapat.

Melansir Web MD, gejala diabetes tipe 1 berlangsung cepat, biasanya dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu. Kondisi itu tentu saja bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda. 

Sedangkan penderita diabetes tipe 2 tak banyak yang menyadari penyakitnya sampai kondisi kesehatan cukup buruk. Jika terus dibiarkan, Anda bisa mengalami komplikasi diabetes yang berbahaya untuk kesehatan. Apalagi, jika Anda sudah berusia tua.

Jika mengalami beberapa gejala diabetes di bawah ini, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter, ya. Nantinya, dokter akan mengombinasikan hasil pemeriksaan dengan gejala yang Anda alami agar mendapat diagnosa yang tepat.

Baca Juga: Daftar makanan dan minuman pantangan penderita asam urat

Tubuh mudah lelah dan rasa lapar meningkat

Penyakit diabetes ditandai dengan kondisi tubuh yang mudah lelah serta rasa lapar yang meningkat. Alasannya, tubuh mengalami kesulitan untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi.

Pandangan mengabur

Ciri-ciri diabetes berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah saat pandangan mengabur. Perubahan cairan dalam tubuh bisa mengakibatkan pembengkakan mata. Akibatnya, bentuk mata berubah sehingga Anda kesulitan untuk memfokuskan pandangan.

Berat badan turun

Berat badan turun termasuk ciri-ciri diabetes.

Bagi penderita diabetes tipe 1, berat badan turun bisa jadi gejala yang Anda alami. Sehubungan dengan poin pertama, tubuh membakar otot dan lemak sebagai sumber energi. Nah, hal itulah yang membuat berat badan Anda menjadi semakin kurang.

Luka sulit sembuh

Gejala diabetes berikutnya, menurut Web MD, adalah luka menjadi lebih sulit untuk sembuh. Jumlah gula darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol menyebabkan aliran darah dalam tubuh terhambat.

Akibatnya, banyak sistem saraf yang mengalami kerusakan. Karena alasan itu, luka yang dialami penderita diabetes sulit sembuh.

Jangan menyepelekan kondisi itu karena bisa meningkatkan risiko infeksi. Usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila luka tak kunjung hilang, ya.

Baca Juga: Agar tidak telat diobati, ini gejala tipes yang harus Anda waspadai

Kulit gatal

Ciri-ciri diabetes lainnya yang dapat terjadi adalah munculnya gatal di bagian kulit. Alasannya karena kulit tak mampu menyimpan kelembaban. Selain menimbulkan rasa gatal, diabetes juga ditandai dengan kondisi mulut kering atau dry mouth.

Kaki dan tangan mati rasa

Ciri-ciri diabetes adalah kaki dan tangan yang mati rasa.

Tanda diabetes selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah saat tangan dan kaki mati rasa atau terasa sakit. Bukan tanpa alasan, kondisi itu Anda alami karena kerusakan pada beberapa bagian saraf dalam tubuh.

Itulah beberapa gejala diabetes yang bisa Anda alami kapan saja. Untuk menghindarinya, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dan kontrol kesehatan ke dokter secara teratur, ya.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, sayur dan buah ini efektif bisa menurunkan gula darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru