6 Penyebab Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur, Simak

Senin, 18 April 2022 | 14:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Penyebab Badan Terasa Sakit Saat Bangun Tidur, Simak

ILUSTRASI. Penyebab bangun tidur badan terasa sakit.


KONTAN.CO.ID - Tidak sedikit orang yang mengalami badan yang terasa sakit saat bangun tidur. Penyebab badan terasa sakit bisa dipengaruhi oleh banyak faktor.

Alih-alih tidur untuk beristirahat dan bangun merasa segar, justru sebaliknya badan sakit dan pegal-pegal. Hal ini tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas yang akan dilakukan. 

Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk mengetahui penyebab kenapa badan terasa sakit dan pegal. 

Melansir dari The Turmeric, berikut penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur yang perlu Anda ketahui: 

Baca Juga: Catat! 5 Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Randah

Kualitas tidur yang kurang baik

Menjaga kualitas tidur yang baik penting untuk dilakukan. Kualitas tidur yang kurang baik bisa menjadi penyebab badan Anda sakit saat bangun di pagi hari. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur Anda. 

Stres 

Anak remaja stres

Selain kualitas tidur yang kurang baik, stres juga dapat menjadi penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur. Sebab, stres menyebabkan lonjakan kortisol yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap peradangan dan menyebabkan nyeri tubuh. 

Baca Juga: 5 Jenis Obat Vertigo Alami yang Ampuh dan Patut Anda Coba

Cedera atau peradangan

Cedera atau peradangan juga bisa menjadi penyebab badan terasa sakit saat bangun tidur, lo. Pasalnya, nyeri otot akibat peradangan jika dibiarkan akan mengganggu tidur Anda. Sehingga, membuat badan terasa sakit saat bangun tidur. 

Kurang olahraga

Dengan gaya hidup yang semakin sibuk, mungkin sulit untuk memprioritaskan olahraga teratur dalam rutinitas harian Anda. Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kurang olahraga mungkin menjadi alasan mengapa tubuh Anda terasa sakit saat bangun tidur.

Itu karena gerakan membantu melumasi persendian Anda dengan cairan sinovial dan meredakan peradangan dengan meningkatkan aliran darah ke otot dan jaringan Anda. Sehingga, kurang olahraga dapat menyebabkan persendian yang sakit dan kaku sehingga badan terasa sakit saat bangun tidur.

Baca Juga: Bisa Jadi Obat Paru-Paru Basah, Kenali 5 Makanan Ini

Terlalu banyak olahraga

Sebaliknya, terlalu banyak olahraga juga dapat menjadi penyebab badan terasa sakit dan pegal saat bangun tidur. Penyebabnya, pemulihan badan yang kurang baik hingga olahraga yang dilakukan terlalu berat. 

Kesalahan diet

Diet yang salah juga bisa menjadi penyebab badan sakit saat bangun tidur, lo. Jika Anda sudah mengalami masalah kesehatan akibat diet, segera mengevaluasi cara diet Anda sebelum menimbulkan hal buruk lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru