7 Manfaat ampas kopi yang sangat berguna, jangan Anda buang

Senin, 26 Juli 2021 | 20:40 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat ampas kopi yang sangat berguna, jangan Anda buang

KONTAN.CO.ID - Ampas kopi seringkali terbuang setelah Anda menyeduh kopi. Padahal, ada banyak manfaat ampas kopi yang bisa digunakan salah satunya sebagai pupuk tanaman. 

Selain itu, masih ada banyak kegunaan ampas kopi, mulai dari sebagai penyubur tanah hingga bisa dipakai untuk lulur kesehatan kulit.

Nah, berikut ini 7 manfaat ampas kopi sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Pupuk Taman Anda

Sebagian besar tanah tidak mengandung unsur hara esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Apalagi saat tanaman tumbuh, mereka menyerap nutrisi dari tanah, akhirnya membuatnya habis.

Dengan demikian, sebagian besar kebun perlu dipupuk untuk memastikan bahwa tanaman memiliki nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Manfaat ampas kopi mengandung beberapa mineral penting untuk pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium, dan kromium.

Selain itu, manfaat ampas kopi untuk tanah juga bisa membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah.

Baca Juga: Resep Kopi Ala Cafe Selama PPKM, Layak Dicoba!

2. Mengusir serangga

Senyawa tertentu yang ditemukan dalam kopi, seperti kafein dan diterpen, bisa sangat beracun bagi serangga. Karena itu, Anda dapat menggunakan bubuk kopi untuk mengusir serangga.

Kegunaan ampas kopi juga efektif dalam mencegah nyamuk, lalat buah dan kumbang, dan juga bisa membantu mengusir hama lain. 

Untuk menggunakan bubuk kopi sebagai pengusir serangga dan hama, cukup siapkan mangkuk untuk wadah ampas atau bisa langsung taburkan di sekitar area tempat duduk di luar ruangan.

Anda juga dapat menjauhkan hama dari kebun Anda dengan menyebarkan bubuk kopi di sekitar tanaman Anda. Mereka membantu menciptakan penghalang aroma yang tidak disukai hama seperti siput.

3. Mengusir kutu hewan peliharaan

Kutu adalah masalah umum pada hewan peliharaan dan mengobatinya bisa mahal dan memakan waktu. Ada beberapa produk penghilang kutu di pasaran, tetapi banyak yang mengandung bahan kimia keras dan dapat menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, salah satu manfaat bubuk kopi adalah dapat mengobati kutu di hewan peliharaan secara alami. Caranya, cukup gosokkan ke seluruh bulu hewan peliharaan Anda setelah keramas. Kemudian bilas dan biarkan hewan peliharaan Anda mengering seperti biasa.

Namun demikian, bubuk kopi hanya boleh digunakan sebagai obat luar. Bubuk kopi bisa menjadi racun bagi anjing jika dikonsumsi.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Eco Enzyme, Pembersih Serbaguna dari Sampah Organik

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru