7 Ras Kucing Ini Bisa Hidup Hingga 20 Tahun, Menakjubkan!

Jumat, 29 April 2022 | 07:15 WIB Sumber: Petkeen
7 Ras Kucing Ini Bisa Hidup Hingga 20 Tahun, Menakjubkan!


KONTAN.CO.ID - Saat memiliki hewan peliharaan, Anda mungkin tidak dapat menghindari rasa cinta yang terjalin dengan hewan Anda. Terutama hewan kucing. Meski dipelihara dengan perawatan yang baik, hewan kucing umumnya dapat hidup selama 15 tahun. Umur mereka lebih panjang daripada kucing liar karena sebagian darinya terpengaruh oleh genetika, gaya hidup, dan kemungkinan merupakan pengaruh cinta dan perhatian dari pengasuh manusianya. Namun, tetap saja usia ini kurang dari setengah masa hidup manusia pada umumnya.

Kendati demikian, ada ras kucing yang memiliki perkiraan rentang hidup lebih lama secara keseluruhan, yakni 20 tahun. Dilansir dari  Petkeen, berikut 7 ras kucing yang punya angka harapan hidup hingga 20 tahun.

Baca Juga: Ketahui Seperti Apa Penyakit Flu Kucing yang Menyerang Hewan Kucing

American Shorthair

Kucing american shorthair dianggap sebagai kucing di Amerika pada umumnya. Kucing ini kemungkinan berkembang dari kucing yang pertama kali dibawa oleh pemukim Eropa di Amerika Utara dan nyatanya mereka dapat hidup lama hingga 20 tahun. Ini karena kucing American shorthair mudah beradaptasi untuk bertahan dan berkembang biak. Mereka bertubuh kokoh dan lincah, sehingga kemungkinan terhadap masalah kesehatannya sangat kecil.

Sphinx

Kucing sphinx bisa dibilang adalah ras kucing yang unik karena mereka tidak berbulu. Mereka tentu sangat menonjol dari sejumlah ras kucing lainnya. Mereka tidak tahan dalam hal-hal tertentu karena tidak memiliki bulu, salah satunya tidak tahan terhadap suhu yang lebih dingin. Dengan perawatan yang baik dan khusus, kucing Sphinx ternyata dapat bertahan hidup selama 20 tahun.

Burma

Burma juga merupakan ras kucing campuran antara kucing cokelat kecil dari Burma dan kucing siam. Meski ras ini umumnya sehat, Burma ternyata memiliki kecenderungan untuk mengalami kelainan bentuk tengkoran dan glaucoma, yakni kondisi mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Namun, terlepas dari masalah kesehatan ini, kucing burma memiliki rata-rata hidup 16-20 tahun.

Siam

Tak hanya kucing hasil keturunan genetikanya, kucing siam murni ternyata memiliki angka harapan hidup yang lama, yakni 12-20 tahun. Beberapa kucing siam mungkin rentan terhadap kondisi gigi dan pernapasan, tetapi secara umum ras kucing ini tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan.

Balinese

Balinese merupakan salah satu ras campuran keturunan kucing siam. Karena itulah terkadang kucing Balinese sulit dibedakan dengan kucing siam. Namun, keduanya memiliki perbedaan pada bulunya. Kucing Balinese memiliki panjang bulu yang lebih panjang. Kucing balinese dikenal tak memiliki masalah genetik tertentu, sehingga harapan hidup mereka bisa mencapai 12-20 tahun.

Baca Juga: 5 Kelebihan Memelihara Burung Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah. Simak Penjelasannya

Russian Blue

Russian blue terkenal karena bulunya yang halus dan berwarna abu-abu. Mereka adalah kucing yang tenang, tetapi cukup energik juga. Ras ini rentan terhadap masalah batu kandung kemih dan masalah mata. Akan tetapi, mereka memiliki rata-rata umur 15-20 tahun.

Savannah

Kucing savannah atau sabana adalah ras kucing yang umumnya dipelihara oleh orang-orang berpengalaman khusus. Mereka terlihat sangat liar, aktif, bertemperamen tidak terduga, dan lebih berani daripada ras kucing lainnya. Namun, mereka bisa bersahabat dengan manusia, meski belum dijinakkan. Ras ini umumnya sehat dan memiliki perkiraan umur rata-rata 12-20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru