8 Bangunan Keren Ini Hasil Rancangan Ridwan Kamil, Simak Apa Saja

Kamis, 03 November 2022 | 16:04 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
8 Bangunan Keren Ini Hasil Rancangan Ridwan Kamil, Simak Apa Saja

ILUSTRASI. 8 Bangunan Keren Ini Hasil Rancangan Ridwan Kamil, Simak Apa Saja. Pho Kontan/Achmad Fauzie/26/4/2010.


KONTAN.CO.ID -  Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang terkenal dengan kemampuannya dalam mendesain gedung-gedung yang indah. 

Tidak hanya dalam negeri, karya arsitektur mantan Wali Kota Bandung ini juga tersebar di beberapa negara sahabat. 

Bersumber dari Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Ridwan Kamil merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung  (ITB) dan Master of Urban Design, College of Environmental Design, University of California. 

Menurut situs resmi Urbane, Gubernur Jabar ini sudah memenangkan banyak penghargaan baik dalam maupun luar negeri. 

Berikut ini delapan bangunan terkenal dan indah hasil karya arsitektur Ridwan Kamil. 

Baca Juga: Ini Berkas Persyaratan Seleksi PPPK Guru Tahun 2022, Segera Persiapkan

Museum Tsunami Aceh

Museum yang terletak di Provinsi Aceh ini diresmikan pada tahun 2009. Pada tahun 2007, Ridwan Kamil memenangkan sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional. 

Bangunan museum menjulang tinggi dengan lafaz Allah pada bagian atas. Bagian unik dari museum ini adalah Sumur Doa. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat nama-nama korban meninggal akibat tsunami yang ada di sekeliling dinding museum. 

Marina Bay Waterfront Master Plan

Bangunan ikonik yang sering dikunjungi di Singapura adalah Marina Bay. Salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek Marina Bay Waterfront Master Plan ini adalah Ridwan Kamil. 

Bangunan ini memiliki struktur bangunan yang unik dimana terdapat kapal yang berdiri di atas tiga gedung pencakar langit. 

Beijing Finance Street

Karya arsitektur Ridwan Kamil di luar negeri selanjutnya adalah Beijing Finance Street di Tiongkok. Desain arsitektur tersebut dibuat sebelum Gubernur Jabar ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung. 

Dalam salah satu unggahan di Instagram resminya, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Bandung akan seperti Beijing Finance Street tersebut. 

"Ini salah satu karya urban design saya sebelum jadi wali kota. Pusat bisnis di Beljing. Namanya Beljing Finance Street. Bandung Teknopolis akan seperti ini insya Allah” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya pada tahun 2015.

Masjid 99 Kubah

Masjid 99 kubah ini dibangun pada 2017 saat Ridwan Kamil masih menjadi Wali Kota Bandung. Masjid ini dibangun dengan 99 kubah, mengikuti jumlah dari Asmaulhusna.

Baca Juga: Daftar PPPK Guru 2022? Cek Perincian Gaji yang Akan Anda Dapat

Rumah Botol Bandung

Tidak hanya bangunan umum dan bisnis saja, Ridwan Kamil juga memberikan sentuhan unik pada arsitektur rumah pribadinya. 

Rumah pribadi Ridwan Kamil sebelum dilantik sebagai Wali Kota Bandung memiliki dinding yang unik. Rumah tersebut memiliki dinding terbuat dari 30.000 botol bekas.

Bahkan rumah botol ini menyabet penghargaan Green Design Award dari Asia Building Cunstruction Information (BCI) pada tahun 2009. 

Ningbo Newton

Selain Beijing Finance Street, karya Ridwan Kamil selanjutnya di Tingkok adalah Ningbo Newton. 

Proyek Ningbo Newton ini dikerjakan Ridwan Kamil pada 2002. Hal ini juga dikabarkan Ridwan Kamil melalui Instagram resminya pada Februari 2016. 

"Bahagia itu adalah dikasih tahu kalau kota baru di Ningbo Newton di Cina yang saya desain 13 tahun lalu, sekarang sudah jadi. Salah satu anugerah terbesar Allah kepada kita adalah daya imajinasi. Mari gunakan sejauh mungkin," tulisnya.

Masjid Syaikh 'Ajlin

Masjid juga merupakan salah satu bangunan yang sering dirancang oleh Ridwan Kamil. 

Salah satunya adalah Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza di Palestina. Sebelumnya, masjid ini pernah didirikan pada 1957 di perkampungan Syaikh 'Ajin yang berada di tepi pantai dan direnovasi. beberapa kali. 

Namun, rumah ibadah tersebut hancur setelah Israel menyerang pada tahun 2014. Ridwan Kamil ikut serta dalam renovasi masjid ini yang telah dimulai pada 2021.

Masjid Al Irsyad

Masjid yang berlokasi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini memiliki bentuk yang unik. Ridwan Kamil mendesain masjid ini Mirip Ka'bah di Masjidil haram Makkah, Arab Saudi.

Fasadnya seperti kubus besar dan tanpa kubah. Arah kiblat dibuat langsung menghadap lanskap alam. 

Desain Masjid Al Insyad ini mendapatkan penghargaan Top 5 Best Bullding Of The Year 2010 oleh ArchDaily, penghargaan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Awards pada 2018 dan masuk dalam daftar 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru