8 Cara mengusir semut dengan bahan alami

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Cara mengusir semut dengan bahan alami

ILUSTRASI. halau semut dari makanan-dok.flickr

KONTAN.CO.ID - Semut yang berkerumun di dalam rumah bisa menjadi gangguan besar. 

Semut akan mengerubungi remah-remah makanan di lantai bahkan bisa masuk ke dalam plastik wadah makanan yang belum dibuka. 

Hal ini tentu saja menimbulkan kerepotan lantaran kita harus membersihkan makanan dari semut-semut tersebut sebelum memakannya. 

Ada beberapa cara mengusir semut yang bisa dipraktekkan. Salah satunya adalah menjaga kebersihan rumah. Lantas, bagaimana cara mengusir semut?

Baca Juga: 7 Manfaat lain dari baking soda, mulai dari penghilang lemak hingga bau mulut

8 Cara mengusir semut menggunakan bahan alami

Dirangkum dari laman NDTV Food, berikut 8 cara mengusir semut menggunakan bahan alami: 

1. Kapur

Salah satu cara mengusir semut secara rumahan adalah dengan menggunakan kapur. Kapur mengandung kalsium karbonat, yang membantu mengusir semut. 

Semprotkan sedikit bubuk kapur di area yang menjadi titik masuk semut atau buat garis kapur di pintu masuk. Pastikan Anda membuat garis yang jauh dari jangkauan anak-anak di rumah.

2. Lemon

Peras lemon atau tempatkan kulit lemon di tempat semut masuk. Anda juga bisa mengepel lantai dengan air yang sudah ditambahi sedikit air lemon. 

Semut rupanya tidak menyukai bau sari lemon sehingga mereka akan menjauh. Apa pun yang asam dan pahit dapat menjauhkan semut. 

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 dosis kedua sudah dilakukan, ini kata Jokowi hingga Raffi Ahmad

3. Jeruk

Jeruk sama dengan lemon, yakni dapat mencegah semut mengunjungi rumah Anda. Campurkan air hangat dan sedikit kulit jeruk lalu oleskan di sekitar titik masuk semut dan bersihkan setelahnya. 

Anda juga bisa meletakkan kulit jeruk di dapur atau di mana pun menurut Anda semut bisa masuk. 

4. Merica

Semut sangat menyukai gula tetapi mereka membenci lada atau merica. Taburkan merica di area tempat semut masuk ke rumah Anda.

Selain itu, cabai rawit atau lada hitam juga dibenci oleh semut. Anda juga bisa membuat larutan merica dan air dan menyemprotkannya di dekat area semut masuk ke dalam rumah. 

Baca Juga: Masuk pasar online, UMKM kuliner binaan YDBA catat kenaikan omzet dua kali lipat

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru