Anda wajib waspada, ini ciri-ciri radang tenggorokan

Selasa, 02 November 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda wajib waspada, ini ciri-ciri radang tenggorokan


KESEHATAN - Radang tenggorokan adalah kondisi saat bagian tenggorokan mengalami inflamasi. Berbagai macam ciri-ciri radang tenggorokan perlu Anda waspadai biar bisa segera mendapat perawatan yang sesuai.

Jika tidak, radang tenggorokan bisa memicu masalah kesehatan yang lebih parah.

Infeksi virus merupakan penyebab radang tenggorokan yang cukup sering terjadi. Ada banyak jenis virus yang bisa menginfeksi tubuh Anda. Mulai dari virus flu, Covid-19, hingga cacar.

Selain virus, bakteri juga bisa menyerang kesehatan tubuh Anda. Tidak berhenti sampai di situ, Mayo Clinic menyebutkan, masih ada segudang penyebab radang tenggorokan lainnya, seperti alergi dan GERD.

Nah, beberapa gejala radang tenggorokan berikut sebaiknya Anda perhatikan agar kesehatan tak semakin buruk:

Baca Juga: 5 Bahan alami yang bisa mengobati sakit tenggorokan

Ciri-ciri radang tenggorokan umum

Secara umum, ada beberapa gejala radang tenggorokan yang dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa atau anak-anak. Tingkat keparahannya pun berbeda-beda.

Gejala yang dimaksud adalah muncul rasa sakit dan gatal di tenggorokan, kesulitan menelan, sura serah, dan radang amandel.

Seiring berjalannya waktu, kondisi itu bisa memicu kemunculan kondisi lain yang membuat kesehatan Anda semakin terganggu. Mulai dari demam, batuk, pilek, badan terasa nyeri, sakit kepala, mual, hingga muntah.

Baca Juga: Begini cara mengatasi sakit tenggorokan dengan pengobatan rumahan

Editor: Belladina Biananda

Terbaru