Apa itu DuckDuckGo? Penjelasan Tentang Mesin Pencari yang Mungkin Jarang Diketahui

Jumat, 02 Agustus 2024 | 13:15 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apa itu DuckDuckGo? Penjelasan Tentang Mesin Pencari yang Mungkin Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Apa itu DuckDuckGo? Penjelasan Tentang Mesin Pencari yang Mungkin Jarang Diketahui


INTERNET - Apa itu DuckDuckGo? Penjelasan tentang mesin pencari yang mungkin jarang diketahui bagi sebagian orang. Sama seperti Google, DuckDuckGo merupakan mesin pencari yang mementingkan privasi pengguna, kok bisa? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui apa itu DuckDuckGo, namun tidak ada kata telat untuk mempelajari dan mengetahui sesuatu yang baru, bukan?

Kali ini kita sedang membahas sebuah mesin pencari yang kabarnya sebagian besar pengguna tidak bisa lagi mengaksesnya pada saat ini. Ya, kebijakan Kominfo melarang DuckDuckGo telah diterapkan karena maraknya konten judi online yang muncul pada mesin pencari atau search engine tersebut.

Search engine duckduckgo

Baca Juga: Cara Download Minecraft Mojang Versi Terbaru Gratis di HP Android, Mau Cobain?

Apa itu DuckDuckGo?

Kebanyakan orang mungkin mengenal mesin pencari atau search engine yang itu-itu saja, misalnya Google yang dapat diakses lewat berbagai macam platform dengan mudah. 

Atau Bing yang mana pengguna Windows mungkin kerap menemui search engine tersebut ketika membuka browser bawaan.

Meski begitu, ada sepuh search engine yang mungkin dilewatkan oleh sebagian orang, yaitu Yahoo. Dan beberapa search engine lainnya, seperti Yandex, Naver, Baidu dan yang lainnya.

Meski diblokir, DuckDuckGo sebenarnya merupakan mesin pencari yang baik, lho. Menggunakan logo bebek, DuckDuckGo ini diciptakan oleh Gabriel Weinberg, seorang pengusaha yang sebelumnya meluncurkan  Names Database, sebuah jejaring sosial yang bertujuan untuk menghubungkan kembali teman lama dan teman sekelas.

DuckDuckGo dikembangkan pada tahun 2008 dan didanai secara pribadi oleh Gabriel Weinberg sendiri sampai tahun 2011.

Hal yang ditonjolkan pada DuckDuckGo adalah berfokus pada privasi pengguna. Dalam hal ini, mesin pencari atau search engine DuckDuckGo tidak melacak aktivitas pengguna atau menyimpan informasi pribadi.

Oleh karena itu, DuckDuckGo bisa dikatakan sebagai mesin pencari yang baik karena dapat menjaga privasi pengguna saat berselancar di dunia maya.

DuckDuckGo juga menyertakan extension atau ekstensi browser dan aplikasi di ponsel pintar yang dapat membantu pengguna meningkatkan privasi mereka saat berselancar di dunia maya. 

Menggunakan mesin pencara DuckDuckGo juga bakal menghadirkan pengalaman berselancar yang nyaman karena dapat memblokir pelacak iklan yang tersembunyi dan menydiakan enkripsi yang ditingkatkan pada situs web tertentu yang didukung.

Meski tidak sepopuler Google, bukan berarti hasil pencarian DuckDuckGo tidak akurat. 

Sebagai mesin pencari, pengguna tentu berharap kalau search engine yang mereka gunakan dapat menelusuri kata kunci atau keyword yang diinginkan.

Begitu pula denga DuckDuckGo, website tersebut menggunakan berbagai sumber untuk menghasilkan pencarian yang dikehendaki pengguna. Misalnya, dari Bing, Wikipedia, dan data crawler dari web mesin pencari itu sendiri.

DuckDuckGo juga tidak mempersonalisasi hasil pencarian berdasarkan riwayat pengguna, yang berarti semua pengguna akan melihat hasil yang sama.

Hal ini akan meningkatkan transparansi dan menghindari "gelembung filter" di mana pengguna hanya melihat informasi yang sesuai dengan preferensi mereka sebelumnya.

Setelah mengetahui apa itu DuckDuckGo, bagaimana cara menggunakan mesin pencari tersebut?

Bagi Anda yang mungkin masih bisa mengakses DuckDuckGo, simak tips menarik cara menggunakan DuckDuckGo.

Baca Juga: Ini 5 Game Online PC Free to Play (F2P) Terbaru 2024 dan Link Download Resminya

Cara menggunakan DuckDuckGo

Cara menggunakan DuckDuckGo cukup mudah, Anda dapat menuju ke browser (bisa lewat HP atau laptop) lalu kunjungi link berikut ini: duckduckgo.com.

Setelah itu mesin pencari dengan logo bebek akan muncul.

Tips mudah menggunakan DuckDuckGo untuk menuju ke website tertentu adalah menggunakan perintah "!+awalan situs atau website".

Misalnya ingin membuka Wikipedia lewat DuckDuckGo, maka Anda dapat menuliskan kata kunci "!w" lalu secara otomatis website Wikipedia akan terbuka.

Anda dapat menuliskan tanda seru pada DuckDuckGo, kemudian akan muncul huruf awal website yang disarankan oleh DuckDuckGo.

Demikian pembahasan singkat tentang DuckDuckGo yang saat ini mungkin sulit diakses oleh pengguna.

Bagaimana menrutu Anda, apakah mesin pencari DuckDuckGo ini menarik untuk dijajal atau mungkin menggantikan mesin pencari yang biasanya Anda gunakan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru