Apa Itu Mutasi? Ini Pengertian Mutasi Kerja, Mutasi Genetika, dan Mutasi Zoologi

Rabu, 24 Agustus 2022 | 07:53 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Mutasi? Ini Pengertian Mutasi Kerja, Mutasi Genetika, dan Mutasi Zoologi

ILUSTRASI. Ilustrasi Mutasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


KONTAN.CO.ID - Mutasi adalah kata yang sering disebut dalam beberapa waktu ini terkait dengan mutasi Polri. 

Dikutip Kompas.com (23/8/2022), ada 34 personel Polri yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Yanma Polri). 

Mutasi Polri ini terjadi imbas kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang didalangi oleh Irjen Ferdy Sambo. 

Lantas, apa itu mutasi? 

Baca Juga: Ferdy Sambo Tersangka, 31 Polisi Diduga Melanggar Etik, Ini Rincian Kode Etik Polri

1. Pengertian mutasi dalam bidang administrasi dan kepegawaian

Mutasi Kerja

Ada berbagai macam pengertian berbeda mengenai mutasi tergantung lingkupnya. Di antaranya arti mutasi dalam lingkup biologi berbeda dengan arti mutasi dalam lingkup zoologi maupun administrasi. 

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), secara administrasi, mutasi adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain. Mutasi kepegawaian atau kerja ini bisa berlaku untuk instansi swasta maupun pemerintah. 

Baca Juga: Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo Dibawa ke Mako Brimob, Diduga Langgar Etik

Dikutip dari laman resmi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungbalai, mutasi kepegawaian adalah segala perubahan mengenai seseorang Pegawai Negeri Sipil, seperti pengangkatan, pemindahan, pemberhentian, pemensiunan, perubahan susunan keluarga, dan lain-lain.

Jenis mutasi pun ada beragam di antaranya mutasi cuti luar tanggungan negara, mutasi CPNS, mutasi diklat, mutasi hukuman, mutasi jabatan, mutasi keluarga, mutasi karpeg, mutasi pendidikan, mutasi penghargaan, mutasi pindah wilayah kerja, mutasi pemberhentian, mutasi pindah instansi, mutasi peninjauan masa kerja, mutasi berita acara pengambilan sumpah/ janji PNS, mutasi kenaikan pangkat, mutasi pensiun, mutasi pegawai baru.

Sehingga, dalam lingkup mutasi Polri adalah pemindahan anggota Polri dari satu jabatan ke jabatan lain. 

Baca Juga: Kematian Brigadir J, Polri Mutasi 15 Pejabat, Termasuk Ferdy Sambo, Ini Daftarnya

2. Pengertian mutasi dalam bidang genetika dan kedokteran 

Mutasi Gen

Berdasarkan KBBI, pengertian mutasi berdasarkan lingkup biologi yakni mutasi adalah perubahan yang terjadi mendadak dalam kromosom. Sementara dalam lingkup kedokteran, mutasi adalah perubahan dalam bentuk, kualitas atau sifat lain.

Mutasi ini bisa terjadi pada gen dan ada juga yang terjadi pada kromosom. Mutasi gen adalah mutasi yang disebabkan oleh perubahan nukleotida-nukleotida penyusunnya. 

Sedangkan mutasi kromosom adalah mutasi yang disebabkan oleh perubahan struktur kromosom ataupun nomor kromosom yang berubah.

Baca Juga: Kasus Covid-19 25 Juli 2022 Tinggi, Benarkah Ada Vaksin Dosis 4? Ini Kata Kemenkes

Dirangkum dari laman Gramedia, penyebab mutasi bisa berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor - faktor yang menjadi penyebab mutasi berasal dari banyak aspek variabel faktor lingkungan. Faktor- faktor tersebut dikenal sebagai mutagen. 

Mutasi dapat menyebabkan berbagai perubahan baik maupun buruk dan menghasilkan berbagai variasi genetik. Terjadinya mutasi pada DNA dapat menyebabkan adanya perubahan protein yang dihasilkan. Perubahan pada protein yang dihasilkan dapat menyebabkan perbedaan pada manusia.

Beberapa penyakit pada manusia yang disebabkan oleh terjadinya mutasi adalah penyakit buta warna dan thalasemia. Terdapat beberapa macam mutasi diantaranya substitusi, delesi, insersi, duplikasi, inversi, translokasi dan lain-lain.

Baca Juga: Ferdy Sambo Diduga Tak Profesional Saat Olah TKP dalam Kasus Brigadir J

3. Pengertian mutasi dalam bidang zoologi

Mutasi Zoologi

Terakhir, pengertian mutasi dalam lingkup zoologi ada dua. Pertama, mutasi adalah perubahan sifat yang menurun untuk menyesuaikan diri, seperti serangga yang tahan terhadap penyemprotan gas asam hidrosianat. 

Serta mutasi adalah perubahan kimiawi dan fisis suatu gen yang menghasilkan perubahan nyata dari sifat semula. Zoologi adalah sebuah cabang biologi yang mempelajari tentang fungsi, struktur, evolusi, dan perilaku hewan. 

Selain itu, zoologi juga mencakup tentang anatomi perbandingan, biologi molekuler, psikologi hewan, biologi evalusioner, ekologi prilaku, paleontology dan taksonomi.

Demikian penjelasan mutasi dari berbagai lingkup di antaranya mutasi kerja termasuk mutasi Polri, mutasi genetika, dan mutasi di bidang zoologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru