Bisa jadi alternatif kuliah, ini daftar 8 sekolah kedinasan di Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 09:13 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa jadi alternatif kuliah, ini daftar 8 sekolah kedinasan di Indonesia

ILUSTRASI. Bisa jadi alternatif kuliah, ini daftar 8 sekolah kedinasan di Indonesia. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

KONTAN.CO.ID - Sekolah kedinasan bisa menjadi alternatif untuk melanjutkan pendidikan selain Pergutuan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), .

Sekolah kedinasan merupakan institusi pendidikan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah maupun kementerian di Indonesia. Banyak dari sekolah kedinasan yang menggratiskan biaya pendidikan hingga pelajar selesai menempuh pendidikan. 

Setiap tahunnya dibuka pendaftaran calon mahasiswa atau taruna sekolah kedinasan oleh Badan Kepegawaian Negara atau BKN.

Bersumber dari situs dikdin.bkn.go.id, tahun 2021 ada sebanyak 8 sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran calon mahasiswa baru.   

Baca Juga: Dari visual hingga logika, ini 9 jenis kecerdasan manusia, cek tipe kecerdasan Anda

Berbeda dengan seleksi penerimaan mahasiswa di PTN maupun PTS, sekolah kedinasan menggunakan sistem CAT BKN dalam seleksi penerimaan mahasiswa barunya. 

Sebagai referensi tahun depan, berikut ini daftar sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.  

8 sekolah kedinasan di Indonesia 

  • PKN STAN 

Sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan adalah PKN STAN. Sekolah ini sudah lama dikenal sebagai salah satu sekolah kedinasan yang banyak diincar oleh siswa. 

Melansir laman www.pknstan.ac.id, ada empat jurusan yang tersedia di STAN yaitu Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan. Jenjang pendidikan yang bisa dipilih siswa mulai dari D1 hingga D4. 

  • IPDN

Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adakah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Seperti halnya STAN, IPDN juga menjadi favorit siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. 

Baca Juga: Hati-hati trend Add Yours di Instagram bisa curi data Anda, ini modusnya

  • Poltekip dan Poltekim

Ada dua politeknik yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim). Anda bisa memilih salah satu diantara dua politeknik kedinasan tersebut. 

  • Kementerian Perhubungan 

Sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan ada 18 politeknik yang terbagi menjadi tiga kategori: politeknik transportasi darat, laut, dan udara.

Politeknik tersebut berlokasi di beberapa wilayah di Indonesia seperti PTDI-STTD di Depok, Politeknik Ilmu Pelayaran di Semarang, dan Politeknik Penerbangan di Jayapura. 

  • STIS

Badan Pusat Statistik atau BPS memiliki sekolah kedinasan yang banyak didaftar oleh pelajar yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Statistika atau STIS. 

Melansir laman stis.ac.id, ada tiga jurusan yang bisa Anda pilih, yakni D3 Statistika, D4 Statistika, dan D4 Komputasi Statisik.  

  • STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan favorit di bawah naungan Badan Intelijen Negara atau BIN. 

Baca Juga: 15 Universitas yang punya program studi paling banyak di Indonesia versi PDDikti

  • Poltek SSN

Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah Politeknik Siber dan Sandi Negara atau disingkat Poltek SSN. 

Melansir laman poltekssn.ac.id, ada tiga program studi yang tersedia di Poltek SNN: Rekayasa Keamanan Siber, Rekayasa Kriptografi, dan Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. 

  • Badan Meterologi, Kilmatologi dan Geofisika (BMKG)

Sekolah kedinasan yang akan membuka pendaftaran pada tahun 2021 adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau STMKG. 

Bersumber dari stmkg.ac.id, STMKG merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Program studi yang tersedia adalah Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, Instrumentasi.

Selanjutnya: Mudah dipraktikkan, coba 4 olahraga mengecilkan perut ini

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru