Cara Menanam Tomat Di Dalam Ruangan, Ini Tipsnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:24 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Menanam Tomat Di Dalam Ruangan, Ini Tipsnya

ILUSTRASI. Cara Menanam Tomat Di Dalam Ruangan.


KONTAN.CO.ID - Menanam sayuran atau buah-buahan khususnya tomat bisa dilakukan di dalam ruangan. Caranya pun terbilang mudah dan dapat menjadi opsi jika anda tidak mempunyai kebun.

Tomat merupakan salah satu buah yang sangat bisa diolah menjadi berbagagai jenis makanan. 

Agar tomat yang ditanam bisa tumbuh subur terdapat beberapa tips yang harus dilakukan.

Baca Juga: Promo Cinema XXI Buy 1 Get 1 Tiket Bioskop di Studio The Premier Januari 2022

Namun, jika anda berniat untuk menanam tomat di dalam ruangan menggunakan pot jangan berharap akan panen besar karena pada dasarnya lahan yang digunakanpun tidak besar.

Melansir dari Real Simple, berikut cara menanam tomat di dalam ruangan, yaitu:

1. Pilih Varietas Tomat Terbaik 

Sebelum Anda kehabisan dan membeli pot atau tanah, Anda perlu memahami varietas tomat terbaik untuk ditanam di dalam ruangan. 

Beberapa varietas lebih cocok untuk pot daripada yang lain. Selain itu, ruang Anda yang tersedia akan membantu menentukan varietas yang akan dipilih. 

Hal tersebut dikarenakan semakin besar tomat, semakin besar pot yang Anda perlukan untuk menanamnya. Pot sedalam 12 hingga 18 inci seharusnya cukup untuk sebagian besar varietas, tetapi lihat informasi tumbuh tentang varietas tanaman yang Anda pilih.

2. Tomat Membutuhkan Sinar Matahari

Tomat membutuhkan minimal enam jam cahaya per hari untuk menghasilkan buah, tetapi delapan jam cahaya atau lebih akan memberikan hasil lebih baik. 

Sayangnya, kuantitas dan kualitas cahaya adalah rintangan terbesar dalam menanam tomat atau tanaman yang menyukai sinar matahari di dalam ruangan. 

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, letakkan tomat pot di sebelah jendela besar yang menghadap ke selatan. Putar pot sesering mungkin agar tanaman tumbuh merata dan tidak condong ke arah cahaya. 

Jika Anda tidak memiliki jendela yang menghadap ke selatan, Anda perlu melengkapi dengan cahaya buatan. Tomat yang menggunakan cahaya buatan membutuhkan setidaknya 16 jam cahaya per hari.

Jika Anda menggunakan kombinasi cahaya buatan dan alami, Anda harus mengamati bagaimana tanaman Anda berperilaku dan menyesuaikan jumlah cahaya buatan yang diterimanya.

Baca Juga: Kinan akan Bunuh Lydia di Episode 10 Layangan Putus? Simak Trailernya

3. Jadwal Penyiraman Terbaik

Jadwal penyiraman yang baik sangat berpengaruh terhadap tomat yang ditanam di pot. Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki lubang drainase dan gunakan media tanam dengan drainase yang baik. 

Selain itu, Tomat paling baik ditanam di tanah yang kaya organik dan gembur.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru