Cegah kanker, inilah 4 manfaat kunyit untuk kesehatan

Sabtu, 03 April 2021 | 10:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah kanker, inilah 4 manfaat kunyit untuk kesehatan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat kunyit yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Hal itu berasal dari salah satu kandungannya yang bernama curcumin. Namun, tentu saja masih banyak kandungan bernutrisi lain yang dimiliki kunyit.

Curcumin sebagai antioksidan berguna untuk melawan serangan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penyakit. Sistem imun tubuh Anda pun akan meningkat saat mengonsumsi kunyit secara rutin.

Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kunyit terlalu banyak.

Melansir Everyday Health, kandungan dalam kunyit tidak dapat terserap pembuluh darah dengan baik. Jika konsumsi kunyit Anda bereblihan, manfaat-manafaat berikut tidak bisa Anda dapat:

Baca Juga: Efek samping kunyit dan jahe untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan

Mencegah penyakit jantung

Manfaat kunyit yang pertama adalah mencegah berbagai macam penyakit jantung. Curcumin dalam kunyit berguna untuk melindungi membran tipis di jantung bagian dalam dan pembuluh darah.

Membran tersebut berpengaruh penting pada tekanan darah. Artinya, saat kesehatan membran terjaga, tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan datangnya penyakit jantung bisa dicegah.

Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk melihat efek jangka panjang kunyit pada kesehatan jantung.

Mencegah kanker

Selain mencegah penyakit jantung, mengonsumsi kunyit juga dapat menghindarkan Anda dari kanker. Curcumin dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan akibat tumor atau pertumbuhan sel kanker di usus, pankreas, atau payudara.

Mengutip Everyday Health, curcumin dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker hingga menyebabkan sel mati.

Namun, penelitian itu baru dilakukan pada tikus percobaan. Penelitian yang melibatkan manusia masih perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat tersebut.

Baca Juga: Catat! Manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda

Mencegah diabetes

Salah satu manfaat kunyit adalah mencegah diabetes.

Kunyit juga mampu mencegah diabetes, lo. Sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan dengan diabetes tipe 2 membuktikan hal itu.

Tikus yang diberi 80 mg kunyit per berat badan selama 45 hari mengalami penurunan jumlah gula darah dalam tubuh.

Mengatasi depresi

Sebuah penelitian menunjukkan, depresi dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit secara rutin. Penelitian itu melibatkan 60 penderita gangguan depresi mayor yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama mendapat 20 mg fluoxetine, kelompok kedua diberi 1.000 mg curcumin, dan kelompok ketiga diberikan kombinasi fluoxetine dan curcumin. Setelah enam minggu, gangguan depresi kelompok yang diberi curcumin menjadi lebih baik.

Selanjutnya: 4 Rempah-rempah yang efektif meredakan asam lambung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru