CLOSE [X]

Ciri-ciri makhluk hidup, mulai bernafas hingga memerlukan suhu tertentu

Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ciri-ciri makhluk hidup, mulai bernafas hingga memerlukan suhu tertentu


KONTAN.CO.ID - Makhluk hidup memiliki ciri-ciri khas yang membedakan dari benda-benda mati. Apa saja ciri-ciri tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, dan hewan tentu memiliki perbedaan yang mencolok dari benda mati seperti kursi atau sepatu. 

Ciri yang paling jelas dari makhluk hidup adalah dapat bergerak. Meskipun beberapa benda seperti mobil dan sepeda motor bisa bergerak, dua jenis kendaraan ini tidak masuk dalam pengelompokan makhluk hidup. 

Setiap makhluk hidup yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan juga memiliki ciri-ciri masing-masing yang membuat mereka unik. 

Mari simak daftar ciri-ciri makhluk hidup di bawah ini yang dirangkum dari Sumber Belajar Kemendikbud Ristek. 

Baca Juga: Simak 8 rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja ini

Bernapas

Setiap makhluk hidup pasti bernapas. Bernapas atau respirasi merupakan proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. 

Di dalam tubuh terjadi proses oksidasi biologi pada sel-sel tubuh yang membutuhkan oksigen. Proses ini adalah proses pembakaran zat makanan oleh oksigen yang menghasilkan energi dan karbondioksida. 

Energi dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, sedangkan karbondioksida merupakan zat sisa yang nantinya dikeluarkan tubuh. 

Makhluk hidup memiliki organ pernapasan yang berbeda. Organ pernapasan tersebut bisa paru-paru, insang, trakea, stomata, bahkan kulit makhluk hidup tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Asesmen Nasional, berikut 9 perbedaan dengan Ujian Nasional

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru