Daftar 7 Kampus Tertua di Dunia dari Benua Eropa hingga Afrika

Minggu, 25 Desember 2022 | 06:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Daftar 7 Kampus Tertua di Dunia dari Benua Eropa hingga Afrika


PERGURUAN TINGGI -  Universitas merupakan salah satu bentuk pendidikan tinggi yang banyak digemari masyarakat bahkan sejak berabad-abad lalu.

Tidak heran, ada banyak universitas yang dibangun bahkan jauh sebelum University of Oxford didirikan. 

Universitas yang terletak di negara Inggris ini memang merupakan salah satu kampus tertua di dunia, namun bukan yang paling tua.

Universitas merupakan institusi pendidikan yang ditempuh setelah lulus SMA. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk masuk ke universitas terbaik. 

Baca Juga: Pendaftaran PPPK Teknis 2022 Dibuka, Ini Cara Buat Akun di Sscasn.bkn.go.id

Universitas sudah lama menjadi tempat orang mendapatkan ilmu yang mendalam. Tercatat, banyak universitas yang berdiri bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. 

Penasaran universitas mana saja yang tertua di dunia? Berikut daftar universitas tertua di dunia dirangkum dari QS Top University dan Collegestats.org:

  • University of Al-Karaouine.

Di urutan pertama universitas tertua di dunia ada University of Al-Karaouine. Universitas ini terletak di Fez, Maroko, dan awalnya berupa masjid. 

Masjid tersebut pertama kali didirikan oleh Fatima al-Fihri pada 859. University of Al-Karaouine diakui sebagai universitas tertua di dunia oleh Guinness Book of World Records.

  • Al-Azhar University

Al-Azhar University merupakan universitas tertua di Mesir. Universitas ini berdiri antara tahun 970-972. Al-Azhar University merupakan universitas pertama yang menjadi pusat pembelajaran Islam. 

  • University of Bologna

Di urutan ketiga ada University of Bologna. Universitas ini berdiri pada pada 1088. 

University of Bologna terletak di Bologna, Italia. Ada lebih dari 87.760 mahasiswa yang berkuliah di di universitas ini.

  • University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas tertua di Inggris. Tahun berdirinya universitas ini tidak begitu jelas. Tapi tercatat pembelajaran tertua dilaksanakan pada tahun 1906.

University fo Oxford juga merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Ada banyak tokoh terkenal yang merupakan alumni universitas ini. Salah satunya adalah Stephen William Hawking.

Baca Juga: Tanpa Perlu Minum Obat, 3 Cara Alami Ini Bisa Mengatasi Masalah Sakit Kepala

  • University of Salamanca

Universitas ini didirikan pada 1134. University of Salamanca terletak di sebelah Barat Madrid, Spanyol. Di universitas inilah, Christopher Columbus, penemu benua Amerika, menempuh pendidikannya. 

  • University of Paris

Universitas tertua di dunia yang keenam terletak di Paris, Prancis. Kampus ini bernama University of Paris yang didirikan pada tahun 1160-1250. 

  • University of Cambridge

Satu lagi universitas tertua di Dunia yang terletak di Inggris, University of Cambridge. Universitas ini pertama kali berdiri 1209. 

University of Cambridge berdiri setelah beberapa mahasiswa University of Oxford memilih keluar. Dua universitas tertua di Inggris ini memiliki sejarah persaingan yang cukup lama.

Sekarang, persaingan tersebut terwujud dengan pertandingan balap perahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru