Dikenal sebagai bintang fajar dan sore, ini 5 fakta menarik planet Venus

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:14 WIB   Penulis: Arif Budianto
Dikenal sebagai bintang fajar dan sore, ini 5 fakta menarik planet Venus


SAINS - Planet Venus mendapat julukan bintang fajar dan bintang senja. Letaknya berada di posisi kedua paling dekat dengan matahari setelah Merkurius.

Dalam tata surya, planet Venus juga kerap kali disebut sebagai kembaran Bumi. Sebab, ukuran dan massa dari Venus dengan Bumi yang serupa.

Lalu, apa lagi ya fakta menarik dari planet Venus? Mengutip Space-Fact, berikut 5 fakta menarik dari Venus:

1. Saudara dari Bumi.

Inilah mengapa planet Venus kerap kali disebut sebagai kembaran atau saudara Bumi. Diameternya yang mencapai 12.104 km hampir sama dengan yang sedikt lebih besar Bumi, hanya selisih 683 km. 

Selain itu, massa Venus 81,5% dari massa Bumi. Keduanya juga memiliki inti pusat, mantel cair, dan kerak.

Baca Juga: Planet Venus bakal terlihat jelas dengan mata telanjang, mau lihat?

2. Satu hari di Venus menghabiskan waktu 243 hari di Bumi.

Penjelasannya cukup sederhana. Venus memilki rotasi yang lebih lambat dari Bumi. Namun, untuk melakukan revolusi mengitari matahari, Venus hannya membutuhkan waktu 224,7 hari. Artinya. satu tahun di Venus lebih cepat dari Bumi.

3. Planet terpanas

Rata-rata suhu di permukaan planet Venus mencapai 462 derajat Celcius. Dengan begitu, membuat planet ini dinobatkan sebagai planet terpanas di galaksi Bima Sakti. 

Selain itu, kondisi Venus yang tidak miring pada porosnya menyebabkan tidak ada variasi musim. Atmosfer padat sekitar 96,5% merupakan karbon dioksida dan menyebabkan efek rumah kaca.

4. Bintang fajar dan bintang senja.

Keistimewaan planet Venus adalah, Anda bisa melihatnya saat fajar dan senja dengan mata telanjang. Itu sebabnya, planet Venus mendapat julukan bintang fajar dan bintang senja.

Baca Juga: NASA tangkap citra planet yang begitu indah di luar tata surya, ini keistimewaannya

Waktu yang tepat untuk melihat Venus dengan kasat mata pada pagi sebelum matahari terbit dan sore hari.

5. Planet paling cantik.

Planet Venus tidak memiliki satelit alami. Oleh karena itu, Venus juga mendapat julukan Dewi Cinta yang diambil dalam Mitologi Romawi.

Berkat kecantikannya, Venus memiliki lambang Astronomi wanita dalam Biologi yang digambarkan lingkaran dengan salib di bawahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru