CLOSE [X]

Duh, ada malware di aplikasi barcode ini, harap waspada!

Rabu, 10 Februari 2021 | 05:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
Duh, ada malware di aplikasi barcode ini, harap waspada!

ILUSTRASI. Duh! ada malware di aplikasi Barcode ini, segera hapus dari HP Android Anda


KONTAN.CO.ID -  User atau penguna HP Android harus menghapus aplikasi yang terdapat malware didalamnya. Malware tersebut kini berasal dari aplikasi Barcode, segera hapus dari HP Android Anda apabila sempat memasangnya.

Bagi sebagian orang mungkin ada yang belum begitu paham dan mengenal malware. Secara sederhana, malware dapat diartikan sebagai aplikasi yang punya niat "jahat".

Dalam hal ini kita tidak tahu apa niat "jahat" yang dimaksud oleh aplikasi tersebut. Bisa jadi diam-diam aplikasi tersebut mencuri data kita atau bisa juga mereka memaksa kita untuk memasang aplikasi lain.

Kali ini giliran aplikasi Barcode di Android yang ditengarai terdapat malware di dalamnya. Mengutip dari PhoneArena.com, situs yang bergerak di bidang keamanan, yakni MalwareBytes mengungkapkan temuan barunya.

Sebuah aplikasi Barcode scanner yang sebelumnya terdapat di Google Play Store ditengarai disisipi malware. Mirisnya, aplikasi tersebut diketahui telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Aplikasi Barcode Scanner disisipi malware

Awalnya aplikasi tersebut berjalan normal dan berfungsi seperti Barcode scanner pada umumnya. Menurut MalwareBytes, sejak bulan Desember lalu terdapat update yang membuat aplikasi tersebut bertindak aneh.

Setelah update tersebut terpasang, tiba-tiba muncul iklan yang memaksa penggunanya untuk download aplikasi pembersih sampah dan memori. Sebelumnya, pengguna akan diarahkan ke sebuah situs via browser yang menampilkan bahwa ponsel kita tidak dalam keadaan baik. 

Oleh sebab itu kita dipaksa memasang aplikasi pembersih sampah dan memori tersebut. Untuk mengurangi tindakan berbahaya di kemudian hari, Google akhirnya menghapus aplikasi tersebut dari Play Store.

Diketahui, pembuat aplikasi Barcode scanner tersebut adalah LAVABIRD LTD. Namun demikian, masih ada aplikasi buatan developer LAVABIRD LTD yang bertebaran di Play Store selain Barcode scanner.

Dengan dihapusnya aplikasi tersebut dari Play Store, belum tentu aplikasi tersebut tidak bersarang di HP Android yang Anda gunakan. Oleh karena itu, apabila Anda merasa pernah download atau memasang aplikasi tersebut di HP Android yang digunakan, segeralah hapus.

Selanjutnya: Bisa hilangkan suara video, WhatsApp rilis fitur mute video untuk versi beta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru