Fotosintesis: Pengertian dan proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan

Selasa, 13 Juli 2021 | 14:11 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Fotosintesis: Pengertian dan proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan


EDUKASI -  Fotosintesis merupakan sebuah proses penting yang hanya terjadi pada tumbuhan saja. Tidak hanya penting untuk tumbuhan, fotosintesis juga berperan penting dalam kehidupan manusia dan hewan lainnya. 

Seperti halnya kebanyakan makhluk hidup, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Makanan yang dikonsumsi kemudian menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang biak. 

Jika hewan perlu bergantung kepada makhluk hidup lainnya untuk mendapatkan sumber makanan tidak demikian dengan tumbuhan. Tumbuhan bisa memproduksi makanannya sendiri. 

Tumbuhan bisa "menciptakan" makanan mereka sendiri yang proses produksinya tersebut dinamai fotosintesis. Mengutip laman BBC UK, fotosintesis adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan. 

Reaksi ini merupakan hasil dari produksi makanan untuk keberlangsungan hidup tumbuhan. 

Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan, tidak hanya yang berwarna hijau saja tetapi semua tumbuhan bisa melakukan proses ini karena memiliki klorofil. Proses ini merubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia. 

Baca Juga: Biar budidaya tanaman hidroponik di rumah sukses, hal ini penting diperhatikan

Bersumber dari Encyclopedia Britannica, cahaya matahari digunakan untuk merubah air, karbondioksida, dan mineral menjadi oksigen dan senyawa organik. 

Tempat terjadinya fotosintesis ada di daun, lebih tepatnya di sel tumbuhan bernama klorolpas. Sel-sel ini mengandung klorofil. 

Proses fotosintesis pada tumbuhan

Proses fotosintesis, melansir dari Live Sicence, bisa digambarkan sebagai berikut:

Proses fotosintesis
Karbondioksida yang ada di udara masuk melalui stomata yang ada di daun. Akar tumbuhan menyerap air dari dalam tanah, kemudian membawanya ke daun. 

Di dalam daun, karbondioksida dan air diproses oleh sinar matahari. Hasil dari proses fotosintesis tersebut berupa glukosa, oksigen, dan air. 

Oksigen yang dihasilkan tumbuhan kemudian dilepaskan melalui stomata. Oksigen tersebut bisa dinikmati oleh makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan.

Sedangkan glukosa akan didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan. Glukosa yang terseimpan dalam tubuh tumbuhan bisa menjadi sumber bahan makanan untuk makhluk hidup lainnya.

Hewan herbivora dan omnivora memanfaatkan tubuh tumbuhan sebagai sumber makanan baik pokok maupun sekunder.

Kemudian hewan herbivora menjadi makanan pokok hewan karnivora dan omnivora.

Jika tumbuhan tidak berfotosintesis, maka rantai makanan akan terganggu dan hewan atau makhluk lainnya akan mati karena kekurangan makanan. 

Selanjutnya: Kemenhub buka 2.445 formasi CPNS tahun 2021, ada formasi untuk lulusan SMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru